Efektivitas Pelayanan Ojek Difa Bagi Pemenuhan Hak-hak Penyandang Disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Khayu Rohmi Universitas Teknologi Surabaya
Keywords: Efektivitas Pelayanan, Ojek Difa, Penyandang Disabilitas.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas pelayanan Ojek Difa dan mengetahui faktor penghambat dalam efektivitas pelayanan Ojek Difa bagi pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah kepala pengelola sarana prasarana Dishub DIY, operator RTMC Ditlantas DIY, pendiri Ojek Difa, bendahara Ojek Difa, pengemudi Ojek Difa dan pengguna layanan Ojek Difa. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman wawancara, alat perekam dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan Ojek Difa bagi pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta belum berjalan efektif. Dilihat dari indikator efektivitas menurut Gibson dalam Tangkilisan (2005), yaitu kejelasan tujuan yang hendak dicapai, kejelasan strategi pencapaian tujuan, proses analisis dan perumusan kebijakan yang mantap, perencanaan yang matang, penyusunan program yang tepat, tersedianya sarana dan prasarana dan sistem pengawasan dan pengendalian yang bersifat mendidik. Pelayanan Ojek Difa belum sepenuhnya berjalan efektif dikarenakan sebagian dari pengemudi belum memiliki SIM D dan belum adanya izin beroperasi Ojek Difa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-31
How to Cite
Rohmi, K. (2023). Efektivitas Pelayanan Ojek Difa Bagi Pemenuhan Hak-hak Penyandang Disabilitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 10(2), 589 -. https://doi.org/10.37676/professional.v10i2.4564
Section
Articles