Latihan Berbicara Bahasa Inggris Berbasis Kecerdasan Buatan: Meneliti Fleksibilitas, Kecemasan, dan Umpan Balik di Kalangan Mahasiswa

  • Muhamad Rifqi Bakhtiar Universitas Islam Sultan Agung
Keywords: English, AI, Education

Abstract

Penelitian ini membahas persepsi pengguna dan keunggulan komparatif atas pendekatan konvensional, meningkatkan praktik berbicara bahasa Inggris di kalangan mahasiswa dengan menggunakan alat kecerdasan buatan. Data dikumpulkan menggunakan desain penelitian kuantitatif melalui survei terstruktur yang dikirim ke 38 peserta (84,2% perempuan, 15,8% laki-laki) yang terlibat dalam mata kuliah akuntansi dan pendidikan guru sekolah dasar. Menggunakan statistik deskriptif dan analisis korelasi (SPSS), respons diperiksa dengan memperhatikan karakteristik seperti fleksibilitas waktu, pengurangan kecemasan, kualitas umpan balik, dan kemanjuran yang dirasakan relatif terhadap pembelajaran tradisional. Kesepakatan yang kuat tentang adaptasi AI terhadap jadwal pelajar ditunjukkan oleh hasil yang menunjukkan fleksibilitas waktu memperoleh skor rata-rata tertinggi (M = 4,2). Sementara skeptisisme mengenai keunggulan AI atas pendekatan konvensional (M = 2,9) menggarisbawahi keraguan residual tentang kurangnya interaksi manusia, pengurangan kecemasan dinilai agak sederhana (M = 3,8). Konsisten dengan teori sosiokultural tentang pembelajaran bertahap, kualitas umpan balik dan peningkatan kemampuan berbicara menunjukkan hubungan positif yang nyata (r = 0,72, p = 0,05). Merefleksikan nilai percakapannya, ChatGPT menjadi alat yang paling sering digunakan (63,9%). Hasil ini menyiratkan bahwa meskipun alat AI unggul dalam menawarkan praktik yang mudah diakses dan berbasis umpan balik, penggabungannya harus melengkapi, bukan menggantikan, pendidikan yang berpusat pada manusia. Penelitian ini membahas kekhawatiran pengguna tentang kendala teknologi melalui wawasan empiris tentang pengoptimalan aplikasi AI untuk pembelajaran bahasa, sehingga memandu guru dan pengembang untuk memberikan prioritas utama pada sistem umpan balik adaptif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-12
How to Cite
Bakhtiar, M. (2025). Latihan Berbicara Bahasa Inggris Berbasis Kecerdasan Buatan: Meneliti Fleksibilitas, Kecemasan, dan Umpan Balik di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 4(3), 629 -. https://doi.org/10.37676/mude.v4i3.8571
Section
Humanities