Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Berkolaborasi dengan Cooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa (PTK pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IVa SDN 49 Kota Bengkulu)

  • Ratmini Ratmini SDN 49 Kota Bengkulu
Keywords: Model Pembelajaran PBI, Cooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur, Aktivitas, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Berkolaborasi dengan Cooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur Untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IVA SDN 49 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan meningkatkan meningkatkan aktivitas pembelajaran, hasil belajar siswa kelas IVA SDN 49 Kota Bengkulu, melalui penerapan model Problem Based Instruction (PBI) Berkolaborasi dengan Cooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur.  Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru, siswa kelas IVA SDN 49 Kota Bengkulu. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Tes dianalisis menggunakan persentase ketuntasan belajar klasikal, sedangkan observasi dianalisis rata-rata skor dan kriteria skor. Hasil pada siklus I nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 28 (cukup), siklus II meningkat 34,5 (baik). Pada siklus I diperoleh rata-rata skor observasi siswa sebesar 25 (cukup), pada siklus II meningkat 33 (baik). Analisis hasil ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 62,5% rata-rata 69,06. Siklus II meningkat menjadi 71,87%, rata-rata 74,37. Pengamatan afektif siklus I, menerima 53,12%, menilai 15,62%, menanggapi 25%, mengelola 43, 75% dan menghayati 37,5%, meningkat pada siklus II yaitu menerima 59,37%, menilai 25%, menanggapi 46,87%, mengelola 56,25% dan menghayati 43,37%. Sedangkan pengamatan psikomotor pada siklus I yaitu menirukan 34,37%, manipulasi 25%, artikulasi 21,87%, dan pengalamiahan 25%, meningkat pada siklus II, menirukan 43,75%, manipulasi 40,62%, artikulasi 28,12%, dan pengalamiahan 31,25%. Disimpulkan bahwa Penerapan Model PBI Berkolaborasi dengan Cooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Matematika Kelas IVA SD Negeri 49 Kota Bengkulu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-27
How to Cite
Ratmini, R. (2022). Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Berkolaborasi dengan Cooperative Learning Kepala Bernomor Terstruktur untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa (PTK pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IVa SDN 49 Kota Bengkulu). Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(2), 69 -. https://doi.org/10.37676/mude.v1i2.2203
Section
Ilmu Sosial