PENGARUH TERAPI BERMAIN ULAR NAGA TERHADAP KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH DI TEMPAT PENITIPAN ANAK KOTA BENGKULU TAHUN 2023
Abstract
Latar belakang: Kecemasan sendiri merupakan reaksi emosional yang timbul oleh penyebab yang tidak spesifik yang dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman, kehilangan kepercayaan diri tanpa diketahui kenapa terjadi. Dalam aktivitas bermain, anak diajarkan teknik mengatasi kecemasan sebagai mekanisme koping, seperti teknik distraksi atau mengalihkan perhatian anak pada aktivitas yang disukainya . Permainan ular naga merupakan salah satu permainan berkelompok yang biasa dimainkan anak-anak hamir diseluruh indonesia. Diketahui Pengaruh Terapi Bermain Ular Naga Terhadap Kecemasan anak prasekolah di Tempat Penitipan Anak Kota Bengkulu. metode penelitian Pra eksperimen dengan one group pra-post test, Populasi anak prasekolah yang berada di Tempat penitipan anak, menggunakan teknik consecutive sampling terhadap 34 orang responden yang mengalami gejala kecemasan. diberikan perlakuan selama 3 hari berturut-turut kemudian kecemasan di observasi kembali pada hari ketiga. Uji statistik yang digunakan wilcoxon signed rank test. menunjukkan hasil uji statistic wilcoxon signed rank test menunjukkan nilai p-value 0,000 ≤0,05 yang artinya terdapat pebedaan rata-rata nilai tingkat kecemasan pada anak prasekolah sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Dapat disimpulkan bahwasannya terdapat perubahan nilai tingkat kecemasan anak prasekolah sebelum dan setelah dilakukannya intervensi. Sehingga dapat di artikan terdapat pengaruh Terapi Bermain Ular Naga terhadap perubahan tingkat kecemasan pada anak prasekolah di Tempat Penitipan Anak Kota Bengkulu. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat mengkaji faktor lain yang akan mempengaruhi kecemasan anak, dan dapat menggunakan teknik sampling, metode dan instrument penelitian yang lebih baik, dan diharapkan penelitian lain dapat menambahkan penelitian pada kelompok kontrol.
Downloads
References
Bermain, K. (n.d.). Teori dan Konsep Bermain. 1–44.
Gunawan, G. (2016). Gambaran Perkembang Bicara dan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun. Sari Pediatri, 13(1), 21. https://doi.org/10.14238/sp13.1.2011.21-5
Hidayat, N. dan M. (2011). Keperawatan anak (pertama).
Kurniawan, M. A. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Toddler di BRSD RAA Soewonso Pati. Jurnal Keperawatan, 1(2), 38–56.
Potts,L.N & Mandleco, L. B. (2012). Pediatric nursing - caring for children and their families (third). USA:DELMAR Cengage Learning.
Pravitasari, A., & Edi, B. (2018). Perbedaan Tingkat Kecemasan Pasien Anak usia Prasekolah Sebelum dan Sesudah Program Bermain. Jurnal Nursing Studies, 1(1), 1–6.
Sa’diah, R. H., Hardiani, R. S., & Rondhianto. (2014). Pengaruh Terapi Bermain Origami terhadap Tingkat Kecemasan pada Anak Prasekolah dengan Hospitalisasi di Ruang Aster RSD dr . Soebandi Jember (The Effect of Origami Play Therapy toward Anxiety Level on Preschool Age Children Hospitalization in Aster’s Room. Pustaka Kesehatan, 2(3), 530–536. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/2381/1951
Saputro, H., Fazrin, I., Surya, S., & Kediri, M. H. (2017). Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi dengan Penerapan Terapi Bermain. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(1), 9–12. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Tua, O., Tingkat, D., Pada, K., & Tadulako, U. (2016). MEDIKA TADULAKO , Jurnal Ilmiah Kedokteran, Vol. 3 No. 1 Januari 2016. 3(1), 23–32.
Utami, Y., Tinggi, S., & Kesehatan Binawan, I. (2019). Dampak Hospitalisasi Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Ilmiah WIDYA, 2, 9–20.
Copyright (c) 2024 PAUZAN EFENDI, WIDIA LESTARI, ELMI SASMIKA, RAHMA ANNISA, DARWIS DARWIS, ERNI BUSTON
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Journal of Nursing and Public Health agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Journal of Nursing and Public Health is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.