PENGARUH TERAPI BERMAIN ULAR NAGA TERHADAP KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH DI TEMPAT PENITIPAN ANAK KOTA BENGKULU TAHUN 2023

  • PAUZAN EFENDI JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • WIDIA LESTARI JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • ELMI SASMIKA JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • RAHMA ANNISA JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • DARWIS DARWIS JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • ERNI BUSTON JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
Keywords: Kecemasan, Terapi Bermain, Tempat Penitipan Anak

Abstract

Latar belakang: Kecemasan sendiri merupakan reaksi emosional yang timbul oleh penyebab yang tidak spesifik yang dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman, kehilangan kepercayaan diri tanpa diketahui kenapa terjadi. Dalam aktivitas bermain, anak diajarkan teknik mengatasi kecemasan sebagai mekanisme koping, seperti teknik distraksi atau mengalihkan perhatian anak pada aktivitas yang disukainya . Permainan ular naga merupakan salah satu permainan berkelompok yang biasa dimainkan anak-anak hamir diseluruh indonesia. Diketahui Pengaruh Terapi Bermain Ular Naga Terhadap Kecemasan anak prasekolah di Tempat Penitipan Anak Kota Bengkulu. metode penelitian Pra eksperimen dengan one group pra-post test, Populasi anak prasekolah yang berada di Tempat penitipan anak, menggunakan teknik consecutive sampling terhadap 34 orang responden yang mengalami gejala kecemasan. diberikan perlakuan selama 3 hari berturut-turut kemudian kecemasan di observasi kembali pada hari ketiga. Uji statistik yang digunakan wilcoxon signed rank test. menunjukkan hasil uji statistic wilcoxon signed rank test menunjukkan nilai p-value 0,000 ≤0,05 yang artinya terdapat pebedaan rata-rata nilai tingkat kecemasan pada anak prasekolah sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Dapat disimpulkan bahwasannya terdapat perubahan nilai tingkat kecemasan anak prasekolah sebelum dan setelah dilakukannya intervensi. Sehingga dapat di artikan terdapat pengaruh Terapi Bermain Ular Naga terhadap perubahan tingkat kecemasan pada anak prasekolah di Tempat Penitipan Anak Kota Bengkulu. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat mengkaji faktor lain yang akan mempengaruhi kecemasan anak, dan dapat menggunakan teknik sampling, metode dan instrument penelitian yang lebih baik, dan diharapkan penelitian lain dapat menambahkan penelitian pada kelompok kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyati, D., Hartiti, T., & Samiasih, A. (2012). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan An. In Jurnal Keperawatan (Vol. 1, Issue 1).
Bermain, K. (n.d.). Teori dan Konsep Bermain. 1–44.
Gunawan, G. (2016). Gambaran Perkembang Bicara dan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun. Sari Pediatri, 13(1), 21. https://doi.org/10.14238/sp13.1.2011.21-5
Hidayat, N. dan M. (2011). Keperawatan anak (pertama).
Kurniawan, M. A. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Toddler di BRSD RAA Soewonso Pati. Jurnal Keperawatan, 1(2), 38–56.
Potts,L.N & Mandleco, L. B. (2012). Pediatric nursing - caring for children and their families (third). USA:DELMAR Cengage Learning.
Pravitasari, A., & Edi, B. (2018). Perbedaan Tingkat Kecemasan Pasien Anak usia Prasekolah Sebelum dan Sesudah Program Bermain. Jurnal Nursing Studies, 1(1), 1–6.
Sa’diah, R. H., Hardiani, R. S., & Rondhianto. (2014). Pengaruh Terapi Bermain Origami terhadap Tingkat Kecemasan pada Anak Prasekolah dengan Hospitalisasi di Ruang Aster RSD dr . Soebandi Jember (The Effect of Origami Play Therapy toward Anxiety Level on Preschool Age Children Hospitalization in Aster’s Room. Pustaka Kesehatan, 2(3), 530–536. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/2381/1951
Saputro, H., Fazrin, I., Surya, S., & Kediri, M. H. (2017). Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi dengan Penerapan Terapi Bermain. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(1), 9–12. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Tua, O., Tingkat, D., Pada, K., & Tadulako, U. (2016). MEDIKA TADULAKO , Jurnal Ilmiah Kedokteran, Vol. 3 No. 1 Januari 2016. 3(1), 23–32.
Utami, Y., Tinggi, S., & Kesehatan Binawan, I. (2019). Dampak Hospitalisasi Terhadap Perkembangan Anak. Jurnal Ilmiah WIDYA, 2, 9–20.
Published
2024-04-22
How to Cite
EFENDI, P., LESTARI, W., SASMIKA, E., ANNISA, R., DARWIS, D., & BUSTON, E. (2024). PENGARUH TERAPI BERMAIN ULAR NAGA TERHADAP KECEMASAN ANAK PRASEKOLAH DI TEMPAT PENITIPAN ANAK KOTA BENGKULU TAHUN 2023. Journal of Nursing and Public Health, 12(1), 214-219. https://doi.org/10.37676/jnph.v12i1.6382
Section
Articles