Manajemen Manajemen Perubahan PT KAI di Era Digitalisasi Terhadap Persaingan Bisnis, Teknologi, Dan Krisis Ekonomi
Manajemen, Manajemen perubahan, Hambatan
Abstract
PT Kereta Api Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT KAI meliputi angkutan penumpang dan barang. Dengan berkembang nya era digitalisasi perubahan perubahan akan terjadi disetiap sudut dunia ini, baik itu di perusahaan, dipemerintahan, disekolah. Perubahan juga bisa bermakna melakukan hal-hal dengan cara baru, memasang sistem baru, mengikuti prosedur-prosedur manajemen baru, penggabungan, melakukan reorganisasi, atau terjadinya peristiwa yang sangat mengganggu dan sangat signifikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengamatan terhadap fenomena perubahan yang terjadi di PT KAI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Pengamatan terhadap perubahan perubahan yang terjadi di PT KAI. Data diperoleh melalui observasi dengan mencari sumber dengan wawancara kemudian dianalisis..
Adapun yang telah dilakukan PT KAI adalah memodernisasi sistem pertiketan, membuat aplikasi KAI Access, melakukan peremajaan sarana, memperbaiki prasarana dan fasilitas pelayanan di seluruh stasiun, hingga membentuk layanan Contact Center 121
Efisiensi kereta api dapat dilihat dari kapasitas angkut yang besar. Dalam sekali jalan, 1 rangkaian kereta api Jarak Jauh terdiri dari 8 hingga 14 kereta penumpang dengan kapasitas hingga 1.120 tempat duduk. Jika dibandingkan dengan mobil pribadi berkapasitas 7 orang atau motor berkapasitas 2 orang, maka 1 perjalanan kereta api dapat menggantikan 160 mobil atau 560 motor
Downloads
Copyright (c) 2023 Putra Rizky Gustianda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Fokus Manajemen (JFM) agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Fokus Manajemen (JFM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.