Manajemen Manajemen Perubahan PT KAI di Era Digitalisasi Terhadap Persaingan Bisnis, Teknologi, Dan Krisis Ekonomi
Manajemen, Manajemen perubahan, Hambatan
Abstract
PT Kereta Api Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api. Layanan PT KAI meliputi angkutan penumpang dan barang. Dengan berkembang nya era digitalisasi perubahan perubahan akan terjadi disetiap sudut dunia ini, baik itu di perusahaan, dipemerintahan, disekolah. Perubahan juga bisa bermakna melakukan hal-hal dengan cara baru, memasang sistem baru, mengikuti prosedur-prosedur manajemen baru, penggabungan, melakukan reorganisasi, atau terjadinya peristiwa yang sangat mengganggu dan sangat signifikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengamatan terhadap fenomena perubahan yang terjadi di PT KAI. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Pengamatan terhadap perubahan perubahan yang terjadi di PT KAI. Data diperoleh melalui observasi dengan mencari sumber dengan wawancara kemudian dianalisis..
Adapun yang telah dilakukan PT KAI adalah memodernisasi sistem pertiketan, membuat aplikasi KAI Access, melakukan peremajaan sarana, memperbaiki prasarana dan fasilitas pelayanan di seluruh stasiun, hingga membentuk layanan Contact Center 121
Efisiensi kereta api dapat dilihat dari kapasitas angkut yang besar. Dalam sekali jalan, 1 rangkaian kereta api Jarak Jauh terdiri dari 8 hingga 14 kereta penumpang dengan kapasitas hingga 1.120 tempat duduk. Jika dibandingkan dengan mobil pribadi berkapasitas 7 orang atau motor berkapasitas 2 orang, maka 1 perjalanan kereta api dapat menggantikan 160 mobil atau 560 motor
Downloads
Copyright (c) 2023 Putra Rizky Gustianda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.