PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA MODUL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU DALAM MEMBERIKAN STIMULASI MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA 1-2 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS JEMBATAN KECIL
Abstract
Pendahuluan: Stimulasi perkembangan anak bertujuan untuk membantu anak agar dapat mencapai tingkat perkembangan yang optimal sesuai dengan usia anak. Stimulasi perkembangan yang diberikan pada anak dapat dilakukan oleh orangtua, tenaga kesehatan dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Ibu sebagai pengasuh terdekat seorang anak harus mengetahui lebih banyak proses pertumbuhan dan perkembangan anak serta faktor-faktor yang mempengaruhi proses itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media modul terhadap peningkatan pengetahuan ibu dalam memberikan stimulasi perkembangan pada anak usia 1-2 tahun di wilayah kerja Puskesmas Jembatan Kecil Kota Bengkulu. Metode: Desain pada penelitian ini menggunakan quasy-experimental dengan metode Pretest-posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dengan metode nonprobability sampling dengan teknik total sampling, sampel yang berjumlah 34 responden adalah ibu yang memiliki anak usia 1-2 tahun bulan di wilayah kerja Puskesmas Jembatan Kecil. Variabel independent dalam penelitian ini adalah pendidikan kesehatan sedangkan variabel dependentnya adalah pengetahuan ibu. Uji statistik pada penelitian ini menggunakan Analisa univariat dan bivariat uji paired t test. Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian yang diperoleh terdapat setengah responden memiliki pengtehuan cukup sebelum diberikan pendidikan kesehatan dan seluruh responden memiliki pengetahuan baik setelah diberikan pendidikan kesehatan. Dari hasil Analisa bivariat diketahui adanya pengaruh pendidikan kesehatan dengan media modul terhadap peningkatan pengetahuan tentang stimulasi perkembangan dengan nilai p 0,003 ≤ 0,005.Kesimpulan: Diharapkan kedepannya perlu memberikan pendidikan kesehatan secara rutin kepada ibu yang mempunyai balita usia 1-2 tahun mengenai perlunya pemantauan perkembangan anak saat usia balita, perlunya merangsang perkembangan motorik kasar anak yang bisa ibu lakukan dirumah, perlunya ibu menyediakan fasilitas yang bisa menunjang pemberian stimulasi perkembangan pada anak.
Downloads
References
Hartanto, william surya. (2018). Deteksi keterlambatan bicara dan bahasa pada anak. Cermin Dunia Kedokteran, 45(7), 545–266. http://www.child-encyclopedia.com/sites/default/files/textes-experts/en/622/early-identification-of-language-delay.
Hidayati, A. N., Setiawan, D. A., & Herlambang, T. (2020). Pengaruh Latihan Circuit Training Terhadap Hasil Tendangan Shooting Pada Ukm Futsal Putri Universitas Pgri Semarang. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 30–32. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.36903
Hubaedah, A., & Waroh, Y. K. (2019). Pengaruh Perkembangan Anak Prasekolah Usia 36-72 Bulan pada Ibu Bekerja dan Ibu Rumah Tangga di PAUD/TK Wilayah Kel. Kalisari, Kec. Mulyorejo, Surabaya. SNHRP, 658-664.
Indah, R. N. (2018). Gangguan Berbahasa. In Wardah (III, Issue 1). UIN-MALIKI Press (Anggota IKAPI).
Kadek Wibowo, Sfenrianto, kaman nainggolan. (2019). Menggunakan Naive Bayes Serta Optimasi. 1(1), 1–10.
Medise, B. E. (2018). Mengenal keterlambatan perkembangan umum pada anak. Idai. or. id. diperoleh dari: https://www. idai. or. id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenal-keterlambatan-perkembangan-umum-pada-anak. 2018.
Murphy, G., Peters, K., Wilkes, L., & Jackson, D. (2018). " This is the peer reviewed version of the following article : Adult children of parents with mental illness : Dehumanization of a parent - ’ She wasn ’ t the wreck in those years that she was to become later ’. nternational Journal of Mental Health Nursi. 27(3), 1015–1021.
Notoatmodjo, S. (2017). Promosi Kesehatan dan Prilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Nur Kholifah, S., Fadillah, N., As, H., Hidayat (2019). Program Studi III Keperawatan Kampus Sutopo Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Surabaya Penulis korespondensi, T. D., & Kemenkes Surabaya Alamat, P. (n.d.). Perkembangan Motorik Kasar Bayi Melalui Stimulasi Ibu Di Kelurahan Kemayoran Surabaya.
Nurmala, I. (2018). Promosi Kesehatan. Surabaya : Arlanga.
Nurul Abidah, S., & Novianti, H. (2020). Pengaruh Edukasi Stimulasi Tumbuh Kembang terhadap Kemampuan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun oleh Orangtua. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 14(2), 89–93. https://doi.org/10.33860/jik.v14i2.132
Copyright (c) 2024 DELTA APRIANTI, MERI EPRIANA SUSANTI, LEZI YOVITA SARI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Journal of Nursing and Public Health agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Journal of Nursing and Public Health is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.