FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS LUBUK DURIAN BENGKULU UTARA TAHUN 2023

  • COKRO COKRO PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (S-I) FIKES UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • MURWATI MURWATI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (S-I) FIKES UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • HANDI RUSTANDI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (S-I) FIKES UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
Keywords: Kepuasan Pasien, Umur, Jenis Kelamin, Pendidikan

Abstract

 

Puskesmas dalam sistem JKN/ BPJS memiliki peran yang besar kepada peserta BPJS kesehatan. Apabila pelayanan puskesmas yang diberikan baik maka akan semakin banyak peserta BPJS yang memanfaatkan pelayanan kesehatan, (Hasbi,2012). Tujuan Penelitian Diketahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS pada pelayanan di puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian secara analitik dengan menggunakan Jenis penelitian ini adalah penelitian secara analitik dengan menggunakan desain cross-sectional (Hidayat, 2012).Populasi dari penelitian ini adalah peserta BPJS yang berkunjung atau berobat di Puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara bulan januari-maret tahun 2023 berjumlah 2151 orang. jumlah sampel yang dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Hasil penelitian ini menunujuakn bahwa dari 96 responden Hampir Sebagian dari responden 28 (29,2%) pasien BPJS berumur >65 tahun,Lebih dari setengah responden 50 (52,1%) berjenis kelamin perempuan,Hampir Sebagian dari responden 42 (43,8%) berpendidikan menengah,Lebih dari setengah responden 51 (53,1%) pasien BPJS puas terhadap layanan puskesmas di puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara Tahun 2023, Ada hubungan Umur dengan kepuasan pasien BPJS pada pelayanan di puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara Tahun 2023 (P Value 0,003),Ada hubungan Jenis Kelamin dengan kepuasan pasien BPJS pada pelayanan di puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara Tahun 2023 (P Value 0,023),Tidak ada hubungan Pendidikan dengan kepuasan pasien BPJS pada pelayanan di puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara Tahun 2023 (P Value 0,140). Disarankan hasil penelitian ini Kepada puskesmas untuk lebih mengutamakan layanan pasien terutama pasien BPJS yang artinya bukan berarti mereka tidak bayar dan pelayannya tidak sesuai yang diharapkan oleh pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baros ,Wan Aisyah. 2011. Kontribusi Pengetahuan Peserta Askes Sosial Terhadap Kepuasan Layanan Rawat Jalan Tingkat Lanjut dan Rawat Inap PT Askes Tahun 2023,Tesis.FKM-UI
BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, 2013, Panduan Layanan bagi Peserta BPJS Kesehatan [online], (diunduh 4 Maret 2023), terdiri dari: http://sappk.itb.ac.id/wp-content/uploads/2014/01/Buku-Panduan-Layanan-bagi-Peserta-BPJS-Kesehatan.pdf
Car and Hill. 1992. The Measurement of Patient Statisfaction .Journal Pub Health.Med
Hasbi, H. 2012. Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Poncol Kota Semarang. http://www.eprints.undip.ac.id/37026/.di akses tgl 10 Maret 2023.
Hastono, Sutanto. 2007. Statistik Kesehatan, edisi Kedua.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta:salemba medika.
Hutabarat, Monica 2013. Gambaran Kepuasan Pasien Pengguna Kartu Jakarta Sehat di Unit Rawat Jalan RSU UKI Tahun 2013.FKM.UI
Published
2023-10-19
How to Cite
COKRO, C., MURWATI, M., & RUSTANDI, H. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS LUBUK DURIAN BENGKULU UTARA TAHUN 2023. Journal of Nursing and Public Health, 11(2), 609-614. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i2.5234
Section
Articles