FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS LUBUK DURIAN BENGKULU UTARA TAHUN 2023
Abstract
Puskesmas dalam sistem JKN/ BPJS memiliki peran yang besar kepada peserta BPJS kesehatan. Apabila pelayanan puskesmas yang diberikan baik maka akan semakin banyak peserta BPJS yang memanfaatkan pelayanan kesehatan, (Hasbi,2012). Tujuan Penelitian Diketahui Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien BPJS pada pelayanan di puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara Tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian secara analitik dengan menggunakan Jenis penelitian ini adalah penelitian secara analitik dengan menggunakan desain cross-sectional (Hidayat, 2012).Populasi dari penelitian ini adalah peserta BPJS yang berkunjung atau berobat di Puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara bulan januari-maret tahun 2023 berjumlah 2151 orang. jumlah sampel yang dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Hasil penelitian ini menunujuakn bahwa dari 96 responden Hampir Sebagian dari responden 28 (29,2%) pasien BPJS berumur >65 tahun,Lebih dari setengah responden 50 (52,1%) berjenis kelamin perempuan,Hampir Sebagian dari responden 42 (43,8%) berpendidikan menengah,Lebih dari setengah responden 51 (53,1%) pasien BPJS puas terhadap layanan puskesmas di puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara Tahun 2023, Ada hubungan Umur dengan kepuasan pasien BPJS pada pelayanan di puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara Tahun 2023 (P Value 0,003),Ada hubungan Jenis Kelamin dengan kepuasan pasien BPJS pada pelayanan di puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara Tahun 2023 (P Value 0,023),Tidak ada hubungan Pendidikan dengan kepuasan pasien BPJS pada pelayanan di puskesmas Lubuk Durian Bengkulu Utara Tahun 2023 (P Value 0,140). Disarankan hasil penelitian ini Kepada puskesmas untuk lebih mengutamakan layanan pasien terutama pasien BPJS yang artinya bukan berarti mereka tidak bayar dan pelayannya tidak sesuai yang diharapkan oleh pasien.
Downloads
References
BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, 2013, Panduan Layanan bagi Peserta BPJS Kesehatan [online], (diunduh 4 Maret 2023), terdiri dari: http://sappk.itb.ac.id/wp-content/uploads/2014/01/Buku-Panduan-Layanan-bagi-Peserta-BPJS-Kesehatan.pdf
Car and Hill. 1992. The Measurement of Patient Statisfaction .Journal Pub Health.Med
Hasbi, H. 2012. Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Poncol Kota Semarang. http://www.eprints.undip.ac.id/37026/.di akses tgl 10 Maret 2023.
Hastono, Sutanto. 2007. Statistik Kesehatan, edisi Kedua.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta:salemba medika.
Hutabarat, Monica 2013. Gambaran Kepuasan Pasien Pengguna Kartu Jakarta Sehat di Unit Rawat Jalan RSU UKI Tahun 2013.FKM.UI
Copyright (c) 2023 COKRO COKRO, MURWATI MURWATI, HANDI RUSTANDI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Journal of Nursing and Public Health agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Journal of Nursing and Public Health is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.