ASUHAN PADA IBU NIFAS DENGAN ROBEKAN PERINEUM DI PUSKESMAS TELAGA DEWA KOTA BENGKULU

  • NANDA MAHARANI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • RIALIKE BURHAN POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • FIYA DINIARTI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
Keywords: Asuhan Nifas, Robekan Perineum, Senam Nifas

Abstract

Pendahuluan: Berdasarkan data WHO, komplikasi pada ibu nifas merupakan penyebab utama kematian pada ibu hampir (75%) yakni berupa perdarahan hebat setelah melahirkan, infeksi, tekanan darah tinggi selama kehamilan, komplikasi dari persalinan, dan aborsi yang tidak aman. Kunjungan nifas bertujuan mecegah komplikasi dengan cara memenuhi kebutuhan ibu selama periode nifas, salah satu kebutuhan ibu nifas adalah senam nifas. Senam nifas bermanfaat mengencangkan otot dinding perut dan perineum, memulihkan kembali kekuatan otot dasar panggul dan mencegah terjadinya komplikasi. Metode: Metode yang adalah metode penelitian deskriptif dan jenis penelitian deskriptif yang digunakan adalah studi penelaahan kasus (case study). Hasil dan Pembahasan: Setelah dilakukan pengkajian selama 10 hari didapatkan keadaan umum baik kesadaran composmentis, Abdomen: hari pertama TFU 2cm dibawah pusat, hari kedua TFU 2cm di bawah pusat, hari ketiga TFU 3cm dibawah pusat, hari keempat TFU pertengahan pusat sympisis, hari kelima TFU 2cm di atas sympisis, hari keenam TFU 1cm diatas sympisis dan hari ketujuh sampai hari ke sepuluh TFU sudah tidak teraba lagi konsistensi keras, kontraksi uterus baik. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil pengkajian data disimpulkan bahwa dari data subjektif dan objektif bahwa Ny. D mengalami luka jahitan pada perineum terbukti dari hasil pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang. Diagnose masalah yang ditegakan pada Ny. D sesuai dengan kasus tersebut. Asuhan yang diberikan pada Ny. D adalah memberikan konseling tentang kebutuhan nutrisi, cairan, dan istirahat cukup, perawatan luka perineum, serta mengajarkan senam nifas. Setelah dilakukan asuhan selama 10 hari, hasil pemeriksaan TFU tidak teraba lagi dan tidak ada tanda infeksi perineum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyani, Reni, and JM Metha. 2018. “Hubungan Senam Nifas Dengan Involusi Uterus Pada Ibu Postpartum Normal Di Bpm Dince Safrina Pekanbaru Tahun 2017.” Jurnal Ibu dan Anak 6(1): 26–31.
Ai’sah, Mustika Nining, and Rokhani Siti. 2020. “Asuhan Kebidanan Komprehensif.” Kebidanan 10.
Ambarwati, Eny Retna, and Diah Wulandari. 2010. Asuhan Kebidanan Nifas. 5th ed. ed. Ari Setiawan. Jogjakarta: Nuha Medika.
Astutik, Reni Yuli. 2019. Asuhan Kebidanan Masa Nifas Dan Menyusui. Jakarta Timur: TRANS INFO MEDIA.
Kemenkes RI. 2019. Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Indonesia Health Profile 2018].
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Departemen Kesehatan Republik Indonesia Buku Ajar Kesehatan Ibu Dan Anak.
Kementrian Kesehatan RI. 2020. “Buku Kia Revisi 2020 Lengkap.” : 16.
Rosmiyati. 2017. “Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Nyeri Jahitan Perineum Pada Ibu Nifas Hari Ke-1 Di BPS Desy Andriani,S.Tr.Keb Teluk Betung Bandar Lampung Tahun 2016.” Jurnal Kebidanan 3(1): 50–56.
Saputri, Eka Maya. 2019. “Asuhan Kebidanan Ibu Nifas Pada 6 Jam s/d 6 Hari Postpartum.” Jurnal Komunikasi Kesehatan 10(1): 29–37.
Sari, Evin Noviana, and Siti Khotimah. 2018. Asuhan Kebidanan Masa Nifas Dan Menyusui. Bogor: IN MEDIA.
Wahyuni, Elly Dwi. 2018. Asuhan Kebidanan Nifas Dan Menyusui. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Walyani, Elisabeth Siwi, and Th. Endang Purwoastuti. 2020. Asuhan Kebidanan Masa Nifas & Menyusui. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.
WHO. (2017). Maternal Mortality. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/maternal-mortality
Zubaidah, Rusdiana, Raihana Norfitri, and Iis Pusparina. 2021. Asuhan Keperawatan Nifas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Published
2023-05-20
How to Cite
MAHARANI, N., BURHAN, R., & DINIARTI, F. (2023). ASUHAN PADA IBU NIFAS DENGAN ROBEKAN PERINEUM DI PUSKESMAS TELAGA DEWA KOTA BENGKULU. Journal of Nursing and Public Health, 11(1), 189-195. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i1.4118
Section
Articles