Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Pada Siswa Kelas X IPA3 SMAN 04 Kota Bengkulu

  • yollandah yollandah program studi manajemen, fakultas ekonomi dan bisnis, universitas dehasen bengkulu
  • suswati nasution program studi manajemen, fakultas ekonomi dan bisnis, universitas dehasen bengkulu
Keywords: entrepreneurial spirit, entrepreneurship, learning

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur khususnya kelas X IPA ³ di SMA Negeri 04 kota Bengkulu. Entrepreneur merupakan keterampilan dan sikap yang penting untuk menghadapi tantangan di masa depan, khususnya dalam dunia bisnis dan kewirausahaan. Oleh karena itu pendidikan kewirausahaan pada jenjang pendidikan harus dirancang untuk mengembangkan sifat mandiri, kreatif dan pekerja keras. Untuk membenahi dan mempersiapkanya maka dilakukan sosialisasi atau penyuluhan tentang jiwa kewirausahaan.

Hasil sosialisasi pengabdian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap tingkat pemahaman siswa tentang entrepreneur. Siswa telah merespon dan berminat untuk membuat usaha atau bisnis sambil menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam sikap pantang menyerah dan ketangguhan dalam menghadapi tantangan. Metode kegiatan ini adalah pendidikan, diskusi serta tanya jawab dan penyampaian materi. Hasil dari kegiatan ini diharapkan para pelajar dapat memperoleh ilmu pengetahuan tentang kewirausahaan dan keinginan untuk menjadi entrepreneur untuk masa yang akan datang.

Kata Kunci: Jiwa Entrepreneur, Kewirausahaan, Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-03
How to Cite
yollandah, yollandah, & nasution, suswati. (2023). Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Pada Siswa Kelas X IPA3 SMAN 04 Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(2), 217–220. https://doi.org/10.37676/jdm.v2i2.4774