MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B

  • Hurusti s Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia DIni Unversitas Dehasen Bengkulu
  • Rika Partika Sari PG PAUD
  • Mimpira Haryono PG PAUD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui pendekatan saintifik menggunakan media buah-buhan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada kelompok B di Satuan PAUD CEMPAKA Kabupaten Seluma. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas, atau lazim dikenal dengan classroom action research prosedur yang digunakan berbentuk siklus (cycle). Subjek utama dalam penelitian ini adalah pada anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Jhon Elliot dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan ke II tiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan penekananya digunakan untuk menentukan peningkatan proses yang dinyatakan dalam sebuah predikat, sedangkan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan peningkatan hasil dengan menggunakan persentase. Hasil peningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan saintifik pada anak di Satuan PAUD CEMPAKA pada siklus I pertemuan I sebesar 64% dan pada siklus II pertemuan I didapati peningkatan sebesar 83%. Simpulan penelitian bahwa melalui media buah-buahan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan saintifik di Satuan PAUD CEMPAKA Kabupaten Seluma, terbukti pada siklus II terjadi peningkatan signifikan, hasil persentase pencapaian sebesar 91% dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Keyword: Perkembangan Sosail Emosional, Permainan Puzzle Angka.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-11
How to Cite
s, H., Sari, R., & Haryono, M. (2022). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B. Journal Of Dehasen Educational Review, 3(02), 6-10. https://doi.org/10.33258/jder.v3i02.2353

Most read articles by the same author(s)