Analisis Kelayakan Usaha pada Brand Asri Kelurahan Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu
Abstract
Metode penelitian yang dilakukan meliputi NPV, PBP (Payback periode) Pengumpulan data diambil dari data sekunder dan data primer, analisis data menggunakan rumus π = TR – TC (Pendapatan Bersih), R/C Ratio untuk mengukur kelayakan usaha sirup BRAND ASRI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi aspek teknis dan operasional BRAND ASRI yang dekat dengan pasar yang berada di Kelurahan Padang Serai bahwa dari segi aspek teknis dan operasional layak untuk diusahakan, dari aspek pasar dan pemasaran BRAND ASRI mempunyai agen diberbagi kota salah satunya Padang, Pekanbaru dari segi pemasaran BRAND ASRI layak untuk pemasaran, dari aspek sosial dan ekonomi BRAND ASRI bagi masyarakat Kelurahan Padang Serai Mendukung adanya usaha ini sehingga kelompok tani bisa untuk menjual jeruk kalamansi kepada usaha BRAND ASRI dilihat dari sisi perekonomian BRAND ASRI sangat Layak, dari segi manajemen dan aspek hukum BRAND ASRI mempunyai struktur yang jelas, dan dari segi aspek hukum BRAND ASRI sudah layak karena usaha ini sudah diakui pihak IRT, MUI, dan diakui Halal untuk analisis finansial dan R/C ratio, payback period BRAND ASRI dikatakan layak karena usaha ini lebih besar dari nol yaitu Rp 106.186.275,- dan analisis payback period diperoleh adalah 1.5 tahun untuk analisis R/C ratio BRAND ASRI secara ekonomis layak untuk diusahakan karena memiliki nilai lebih dari 1 sebesar (R/C ≥1.22).
Kata Kunci : Studi kelayakan, Keuangan, Sirup Kalamansi
Downloads
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal