PENGARUH LATIHAN BIRTHBALL DENGAN PROSES PERSALINAN

  • YATRI HILINTI PRODI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • SYAMI YULIANTI PRODI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • YESI PUTRI PRODI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
Keywords: Birtball, Persalinan

Abstract

Pendahuluan: Penyebab komplikasi dalam persalinan yang menyebabkan meningkatnya mortalitas dan morbiditas pada ibu dan janin adalah partus lama. Kejadian partus lama disebabkan oleh beberapa faktor seperti letak janin, kelainan panggul, kelainan his, pimpinan partus yang salah, janin besar, kelainan kongenital, grandemultipara,dan ketuban pecah dini. Birthball dapat merangsang refleks postural dan menjaga postur tulang belakang dalam keadaan baik, sehingga memfasilitasi penurunan kepala janin, mengurangi lamanya kala 1. Tujuan penelitian ini yaitu Pengaruh Latihan Birthball Dengan Proses Persalinan. Metode: Metode penelitian yang diambil merupakan jenis penelitian kuantitatif yaitu quasi-experimental design dengan rancangan two-group pre test-post test control group design. Hasil dan Pembahasan: Hasil Penelitian menunjukkan terlihat ada perbedaan yang signifikan terhadap percepatan pembukaan servik selama proses persalinan pada kelompok perlakuan yang diberikan latihan Birthball selama kehamilan dibandingkan dengan kelompok kontrol dan tidak ada perbedaan antara kejadian laserasi perineum pada kelompok perlakuan yang diberikan latihan Birthball selama kehamilan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan : Terdapat perbedaan signifikan percepatan pembukaan servik antara kelompok perlakuan yang diberikan latihan Birthball selama hamil dibandingkan dengan kelompok kontrol, namun tidak ada perbedaan yang signifikan pada kejadian laserasi perineum pada kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, Yessie, Gentle Birth Melahirkan Nyaman Tanpa Rasa Sakit. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2011.
Manuaba. Ilmu Kebidanan, Penyakit kandungan, dan KB. Jakarta: EGC. 2010
Lia Mota . Using the Swiss ball in labor. Acta Paul Enferm2011;24(5):656-62. 2011
Prawiroharjo, Ilmu Kebidanan. Jakarta : Bina Pustaka, 2009.
Soviaty. Faktor-faktor yang berhubungan dengan lama persalinan di RSUD 45 Kuningan Jawa Barat tahun 2015. Jurnal Bidan “midwive Journal” volume 2 No. 1 Januari 2016.
Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2012. BPS: 2013.
Vaijayantimala dan Judie. Effecttivenness of Birthball Usage During Labour on Pain and Child Birth Experience Among Primi Parturient Mothers: A Randomised interventional study. IJSR - international journal of scientific research. 2014.
Winny SC, Sze-wing, dan Wan-hon LI . The Birthball Experience: Outcome Evaluation of the Intrapartum Use of Birthball. HKJGOM, 2011.
Published
2024-04-22
How to Cite
HILINTI, Y., YULIANTI, S., & PUTRI, Y. (2024). PENGARUH LATIHAN BIRTHBALL DENGAN PROSES PERSALINAN. Journal Of Midwifery, 12(1), 116-121. https://doi.org/10.37676/jm.v12i1.6550
Section
Articles