ANALISIS PEMANFAATAN BUKU KIA DALAM STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 0-6 TAHUN

  • FITRI RAMADHANIATI PRODI D3 KEBIDANAN, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS BENGKULU
  • NENG KURNIATI PRODI D3 KEBIDANAN, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS BENGKULU
Keywords: Anak, Perkembangan, Stimulasi

Abstract

Pendahuluan: Kasus gangguan perkembangan terus meningkat dalam lima tahun terakhir. Penyebab utama dari gangguan perkembangan ini adalah stimulasi yang tidak optimal. Panduan stimulasi telah diberikan kepada orang tua melalui buku kesehatan ibu dan anak. Namun, ketidaksesuaian perkembangan anak tetap terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan buku kesehatan ibu dan anak dalam stimulasi perkembangan anak usia 0-6 tahun. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sebanyak 13 informan terlibat dalam penelitian ini yang merupakan ibu dari anak usia 0-6 tahun yang berasal dari 10 kelurahan di kota Bengkulu. Data dari informan berupa kepemilikan buku KIA, penggunaan buku KIA, dan penerpan stimulasi pada anak dikumpulkan melalui proses wawancara mendalam, telaah dokumen dan observasi. Data dianalisis dengan metode analisis naratif untuk menemtukan seberapa jauh penggunaan buku KIA dalam upaya stimulasi anak dan apa saja faktor yang mendasarinya. Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua tidak menggunakan buku KIA sebagai panduan dalam stimulasi perkembangan anak. Terdapat kebiasaan yang membudayakan buku KIA hanya digunakan untuk kepentingan Posyandu. Kesimpulan: Stimulasi yang dilakukan orang tua belum memenuhi standar stimulasi pada setiap tahap perkembangan anak sesuai panduan stimulasi perkembangan anak yang terdapat di buku KIA. Sebagai upaya optimalisasi stimulasi perkembangan anak, tenaga kesehatan diharapkan dapat memberikan edukasi lebih intens pada orang tua agar memahami tahapan tumbuh kembang dan memanfaatkan informasi pada buku KIA secara maksimal khususnya panduan stimulasi perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arofah, S., & Fitriwati, C. I. (2021). Hubungan Pekerjaan Orang Tua Dengan Stimulasi Dini Pada Anak Usia 0-36 Bulan diwilayah Kerja Puskesmas Bungo I Kabupaten Bungo. Madago Nursing Journal, 2(2), 58-65.Doi: https://doi.org/10.33860/mnj.v2i2.604
Baiti, N. (2021). Perkembangan anak melejitkan potensi anak sejak dini. guepedia.
Bening, T. P., & Ichsan, I. (2022). Analisis penerapan pengetahuan orang tua dalam stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 853-862. Doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.829
Dary, D., Tampubolon, R., & Rumagit, R. A. (2023). Stimulasi Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah Berdasarkan Status Pekerjaan Ibu. LINK, 19(2), 87-96. DOI: 10.31983/link.v19i2.9550
Elwinda, A. M. (2023). Determinan Perkembangan pada Anak Usia Pra Sekolah (4-5 Tahun) Di TK As-Shaffah dan TK Permata Bunda Kota Bengkulu Tahun 2023 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Bengkulu).
Huru, M. M., Mangi, J. L., Boimau, A., & Mamoh, K. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Buku Kia Oleh Orang Tua Dan Kader Posyandu Dalam Melakukan Stimulasi Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Pada Balita. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5).
Ikatan Dokter Anak Indonesia. (2023). Mengenal Keterlambatan Perkembangan Umum pada Anak. Dikases tanggal 10 Juni 2025. Url: https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/mengenal-keterlambatan-perkembangan-umum-pada-anak.
Kementrian Kesehatan RI. (2022). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.
Kementrian Kesehatan RI. (2024). Buku Kesehatan Ibu dan Anak; Panduan Lengkap untuk Mewujudkan Ibu dan Anak Sehat.
Mohzana, M., Murcahyanto, H., & Fahrurrozi, M. (2024). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Orientasi Pola Asuh Anak Usia Dini. Journal Of Elemantary School (JOES), 7(1).
Parwati, N. W. M., Wulandari, I. A., & Darmayanti, P. A. R. (2021). Karakteristik Dan Persepsi Ibu Balita Tentang Pemanfaatan Buku KIA Sebagai Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita Di Masa Adaptasi Tatanan Hidup Baru. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, 11(2), 72-78. E - ISSN: 2549-9327, P - ISSN : 2407-6309.
Putri, L., & Iskandar, S. (2021). Buku ajar keperawatan anak.
Shoppia, T., Ichsan, I., & Winarti, W. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Pendidikan Anak Usia Dini Di RA ARROFROF. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39-48. Doi: https://doi.org/10.29240/zuriah.v3i1.4679
United Nations Children’s Fund. (2020). Situasi Anak di Indonesia-Tren, Peluang, Tantangan dalam Memnuhi Hak-Hak Anak. Jakarta: UNICEF Indonesia
Windiya, N., Fajria, L., & Neherta, M. (2021). Karakteristik dan Perilaku Ibu dalam Memberikan Stimulasi Perkembangan pada Anak Usia 18-24 Bulan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(3), 1130-1134. Doi: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v21i3.1715
Published
2025-04-30
How to Cite
RAMADHANIATI, F., & KURNIATI, N. (2025). ANALISIS PEMANFAATAN BUKU KIA DALAM STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK USIA 0-6 TAHUN. Journal of Nursing and Public Health, 13(1), 410-418. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jnph/article/view/8939
Section
Articles