PENGARUH SIMULASI MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI  TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SDN 86 KOTA BENGKULU

  • Nova Yustisia
  • TITIN APRILATUTINI
  • TUTI ANGGRIANI UTAMA
Keywords: Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana, metode simulasi

Abstract

Indonesia merupakan daerah rawan bencana gempa bumi dan provinsi Bengkulu adalah salah satu daerah yang mengalami gempa bumi. Gempa yang terjadi pada tahun 2000 menyebabkan banyak korban. Kebanyakan dari mereka adalah orang tua dan anak-anak. Tidak semua anak dilatih untuk menghadapi bencana, oleh karena itu perlu diadakan pelatihan di sekolah dasar sehingga anak-anak memiliki pengetahuan bagaimana menangani bencana ini jika tiba-tiba terjadi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode simulasi bencana terhadap kesiapan anak-anak. Desain penelitian menggunakan eksperimen semu dengan dua desain pre post test. Sampel diambil dengan menggunakan sampel tota untuk 62 responden dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hipotesis diuji dengan menggunakan U-Man Withney. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh terhadap kesiapan bencana metode simulasi anak dengan nilai P <0,005. Kesimpulan: Pelatihan kesiapan menghadapi bencana gempa meningkatkan level kesadaran anak-anak. Semua siswa tingkat 6 SD N 86 Bengkulu mampu dan terlibat setelah pelatihan diulang 5 kali dan sebagian besar anak-anak menunjukkan bahwa tingkat kesadaran dikategorikan sebagai kurang siap.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-18
How to Cite
Yustisia, N., APRILATUTINI, T., & UTAMA, T. (2019). PENGARUH SIMULASI MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI  TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA SDN 86 KOTA BENGKULU. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 32-38. https://doi.org/10.37676/jnph.v7i2.888
Section
Articles