ANALISIS PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAWAH LEBAR
Abstract
Pemantauan pertumbuhan anak merupakan alat untuk mengetahui status gizi anak balita. Salah satu status gizi balita yang mudah diketahui masyarakat yaitu dengan adanya garis merah di Kartu menuju Sehat (KMS) Balita. Masalah pertumbuhan balita akan bertambah lebih komplek, jika tidak dilakukan penanganan dengan cepat. Peranan dari keluarga khususnya para ibu harus memilki kesadaran dan memperhatikan hal-hal yang perlu dilakukan dengan pemberian asupan gizi pada anak dan mengikuti program pemerintah pemberian vitamin dan imunisasi dengan melakukan kunjungan di posyandu, untuk melakukan pemeriksaan sesuai dengan panduan KIA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Analisis Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Prasekolahh di Wilayah Kerja Puskesmas Sawah Lebar. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitan deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 338 responden. Besar sampel penelitian ini sebanyak 138 responden. Cara pengambilan sampel penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP). Analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukan mayoritas perkembangan anak yaitu kategori sesuai 148 responden (80,9%), meragukan 32 responden (17,5%), dan penyimpangan 3 responden (1,6%). Kemudian hasil penelitian pertumbuhan mayoritas anak kategori normal yaitu 176 responden (96,2%), kurus 3 responden (1,6), dan gemuk 4 responden (2,2%). Penelitian ini menunjukan sebagian besar responden memiliki perkembangan yang sesuai dan pertumbuhan yang normal. Gambaran tumbuh kembang anak usia prasekolah mayoritas dalam kategori sesuai dan normal. Kepada orang tua diharapkan dapat memperhatikan tumbuh kembang anak untuk mencegah keterlambatan tumbuh kembang anak.
Downloads
References
Adriana, D. 2011. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain pada Anak. Jakarta : Salemba Medika.
Badan Pusat Statistik, 2010. Data Statistik Indonesia. Jumlah Penduduk menurut Kelompok Umur, Jenis Kelamin, Provinsi, dan Kabupaten/Kota, 2005. Diakses pada tanggal 03 Februari 2020,Dari http://demografi.bgs.go.id/.
Badan Pusat Statistik. 2016. Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015. Diakses pada tanggal 03 Februari 2022, Dari https://sirusa.bps.go.id/sirusa/index.php/dasar/pdf?kd=2&th=2015
Budiyanti, Y., Hayati, S., Tania, M., Irawan, E., & Kurniawati, N. (2021) Gambaran Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Salah Satu PAUD Di Kuningan.
DKB Kementerian Dalam Negeri Semester II (2018). Jumlah Penduduk Kota Denpasar Brdasarkan Kelompok Umur Tahun 2018. Diakses pada tanggal 03 Februari 2022,
Darihttps://denpasarkota.go.id/new/public/ckfinder/userfiles/files/DATA%2 0TH%202018.pdf
Dariyo, A. (2014). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Deki, P. (2015). Factors Affecting Early Childhood Growth and Development : Golden 1000 Days. Journal of Advanced Practices in Nursing, 01(01), 1-7.
Depkes RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 5. Jakarta: Depkes RI, p441-448.
Goleman, & Daniel. (2019). Kecerdasan Emosional. Jakarta: Erlangga
Hayati, F., & Fatimah. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Bakiak Di Kelompok B TK Raudhatul Ilmi Tijue Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Buah Hati, 6(1), pp.53–61.
Hendriette, F. (2017). Empat Aspek Perkembangan Anak Sebagai Pengamatan Awal Calon Peserta Didik Jenjang TK A. Jurnal Pendidikan Penabur. No - 29/Tahun ke-16.
Hartinah, S. (2020). Pengembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Refika Aditama. Indrayani, D., Legiati, T., & Hidayanti, D. (2019). Kelas Ibu Balita Meningkatkan
Pengetahuan dan Keterampilan Ibu dalam Stimulasi Tumbuh Kembang.
Jurnal Kesehatan Prima, 13(2), 115-121.
Kemenkes, R. I. (2016). Situasi Gizi di Indonesia. Pusat Data dan Informasi Kemenkes RI.Jakarta. Diakses pada tanggal 03 Februari 2022. Dari https://pusdatin.kemkes.go.id/article/view/16061400002/situasi-gizi-di indonesia.html
Kemenkes, R. I. (2018). Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta: Kementrian Republik Indonesia. Diakses pada tanggal 03 Februari 2022, Dari https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan- indonesia/PROFIL_KESEHATAN_2018_1.pdf
Kusumaningrum, P. R., Khayati, F. N., & Wicaksana ,A. R. (2021) Gambaran Perkembangan Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK RA Hidayatul Qur’an.
Kusumaningsih, T. P., & Magfiroh, S. (2019) Gambaran Tumbuh Kembang Pada Anak Balita Usia 36-60 Bulan Di PAUD Pelita Harapan Dusun Tubansari Desa Margoyoso Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang.
Maddeppungeng, M. (2018). Buku Panduan Kuesioner Pra Skrinning Perkembangan (KPSP). Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Clinical Skill Lab Siklus Hidup CSL 5.
Markham. (2019). Learn what your preschooler needs to thrive.
Mustofa, B. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia PraSekolah. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Nurhasanah, Rika, & Indria, A. (2017). Pelatihan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak dengan Kuesioner Pra Skrining Perekmbengan (KPSP)
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis.
Ediisi 3. Jakarta. Salemba Medika.
Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi.4.
Jakarta : Salemba Medika.
Nursalam. (2017). Perbedaan Pertumbuhan Balita Stunting. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), p.25,26.
Potto, A. U. (2020). Gambaran Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua Kota Makasar Tahun 2020.
Prawirohardjo, S. (2014). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: PT. Bina Pustaka.
Prastiwi, M. H. (2019) Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Rahmailina, N. D., & Hastuti, D. (2014). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dan
Tumbuh Kembang Anak Serta Stimulasi Psikososial Dengan Perkembangan
Kognitif Anak Usia 2 – 5 Tahun. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 1(2). Rivanica, R. (2014) Faktor- Faktor Yang Berhubungan Dengan Teknik Menyusui Pada Ibu.
Rusmiati, Istichomah, & Rahmanindar, N. (2014) Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pencapaian Tumbuh Kembang Balita Usia 4-5 Tahun Di PAUD Pertiwi Desa Talok Kec. Pangkah Kab.Tegal Tahun 2014.
Rismawan, M., Negara, K.IGNM., & Kasmini, N.K.P. (2018) (2018) Deteksi Dini Keterlambatan Perkembangan Umum (KPU) Pada Siswa PAUD di Kota Denpasar.
Sanitasari, R. D., Andreswari, D. & Purwandari, E. P. (2017). Sistem Monitoring Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun Berbasis Android. Rekursif, 5, p.2.
Siregar, F. T., & Oktafiyanti, L. (2016) Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Aanak Usia 3 – 6 Tahun Di TK Arooyan Kelurahan Rorotan Kecamatan Cilincing Jakarta Utara Tahun 2016.
Soetjiningsih, & Ranuh, G. I. (2015). Tumbuh Kembang Anak (2nd ed.). Jakarta: EGC. Soetjiningsih, IG. N. Gde Ranuh, (2014). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta : EGC
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Media Group.
Swarjana, I. K. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. In I. Swarjana, Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Cv.Andi Offset.
Swarjana, I. K. (2016). Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wong, Donna, L., & dkk. (2015). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: EGC. Yuniarti, S. (2015). Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus Bayi-Balita dan Anak
Prasekolah, Bandung: Refika Aditama
Yulianti, P. A. N. (2018). Analisis Pantauan tumbuh kembang anak prasekolah dengan kuesioner KPSP Di BKB PAUD Kelurahan Serdang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat Periode Oktober 2017a. Jurnal Kebidanan, 45-52.
Yuliantia, N., Argiantib, P., Herlinac, L., & Oktavianid, S. N. (2017) Analisis Pantauan Tumbuh Kembang Aanak Prasekolah Dengan Kuesione Pra Skrining Pertumbuhan (KPSP) D BKB PAUD Kelurahan Serdang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat Periode Oktober 2017.
An author who publishes in the Journal of Nursing and Public Health agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Journal of Nursing and Public Health is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.