PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI PROMOSI KESEHATAN POS MONOPOLI ANEMIA DALAM UPAYA PENINGKATAN KONSUSMI TABLET TAMBAH DARAH PADA REMAJA PUTRI KOTA BANDUNG
Abstract
Pendahuluan: Kemenkes menjelaskan upaya pertama pencegahan stunting adalah pemberian TTD bagi para remaja putri. Kegiatan ini telah dimulai dengan menggalakkan Aksi Bergizi di Sekolah dengan 3 paket intervensi yakni pemberian seimbang. TTD mingguan bagi remaja putri, aktivitas fisik dan konsumsi makanan bergizi “ Untuk remaja harus pastikan mereka tidak kekurangan gizi dan zat besi, jadi harus ada program untuk memastikan para remaja kita sebelum hamil tidak kekurangan zat besi. Metode: Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan desain Pengembangan Instructional Design diantaranya yaitu dengan pendekatan,desain yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subyek penelitian ini meliputi remaja putri kelas 10-12 SMA di Kota Bandung, team ahli dalam penelitian ini adalah dosen ahli materi promosi Kesehatan, desain media dan dosen pengembangan media. Objek penelitian ini adalah permainan Monopoli yang dikembangkan menjadi media edukasi Kesehatan POMIA (Pos Monopili Anemia) sebagai sarana promosi kesehatan untuk meningkatkan Kepatuhan konsumsi TTD pada remaja putri SMA. Hasil dan Pembahasan: pada hasil uji coba kelompok kecil remaja putri didapatkan nilai hasil uji pada media sebesar 81% dan pada materi sebesar 73%. Sedangkan pada hasil uji coba kelompok besar remaja putri didapatkan nilai hasil uji pada media sebesar 92% dan pada materi sebesar 93%. Kesimpulan: Dalam permainan pomia, terdapat pertanyaan-pertanyaan yang mengajukan bagaimana cara menanggulangi anemia. Respons atas pertanyaan-pertanyaan ini sangat baik diterima oleh responden, yang mengindikasikan bahwa permainan ini efektif dalam mengajarkan informasi kesehatan tentang anemia.
Downloads
References
Lolan YP, Tuti Suprapti, Roganda Situmorang, Nisa Indah Pertiwi RGH. MENINGKATKAN STATUS GIZI BALITA DI KELURAHAN CIAPADUNG KIDUL- KOTA BANDUNG. 5(1):39–44.
Kemenkes RI. Pedoman Pemberian Tablet Tambah Darah ( TTD ) Bagi Remaja Putri. 2020;
Rizkiana E. Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Terhadap Konsumsi Tablet Tambah Darah (Ttd) Sebagai Pencegahan Stunting. J Ilmu Kebidanan. 2022;9(1):24–9.
Kemenkes RI. Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI). SSGI. 2021.
Pradnyawati LG, Juwita DAPR, Prabandari AASM. Gambaran Tingkat Capaian Indikator Spesifik dan Sensitif 1000 HPK pada Balita 0-2 Tahun di Kecamatan Tegallalang. J Genta Kebidanan. 2023;12(2):70–6.
Oktariani E, Mursyida E, Nurmaliza, Ramdhan W. Pengetahuan Remaja Putri Tentang Pencegahan Stunting Dan Konsumsi Tablet Tambah Darah. JKEMS- J Kesehat Masy. 2023;1(2):19–25.
Bundy, D. A. P. et al. Investment in child and adolescent health and development: key messages from Disease Control Priorities, 3rd Edition. 2017;391(10121).
Agustina, R., & Prafiantini EnT. Formative research for an improved iron folic acid supplementation program for school going adolescents in selected districts of West Java province in Indonesia. Department of Nutrition. Human Nutrition Research Cluster, Faculty of Medicine, Directorate o. 2016;
Dinas Kesehatan Jawa Barat. Profil Kesehatan Jawa Barat Tahun 2022. Dinkes Jabar. 2022;(July):1–23.
Julaecha J. Upaya Pencegahan Anemia pada Remaja Putri No Title. J Abdimas Kesehat. 2020;2(2).
Matahari R, Suryani D. Peran Remaja Dalam Pencegahan Stunting. 2022. 65 p.
Sabran S, Sari DK, Suandana IA, Satya MCN. Edukasi Tentang Anemia Sebagai Upaya Pencegahan Stunting. Community Dev J [Internet]. 2023;4(6):12018–22. Available from: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/21821%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/21821/16044
Sadiman R. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan Dan PemanfatannyaNo Title. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada; 2006.
Deny K, Suyatna A, Suana W. Pengembangan modul interaktif menggunakan. J Ilm Edutic. 2015;7(1):1–10.
Ardhani AD, Ilhamdi ML, Istiningsih S. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. J Pijar Mipa. 2021;16(2):170–5.
Arikunto S. Prosedur Pendidikan. Yogyakarta: PT RIENEKE CIPTA.; 2010.
Hermina dan SP, Pusat. PENGEMBANGAN MEDIA POSTER SEBAGAI ALAT BANTU EDUKASI GIZI PADA REMAJA TERKAIT KELUARGA SADAR GIZI (KADARZI) (POSTER MEDIA DEVELOPMENT AS NUTRITION EDUCATION TOOL FOR ADOLESCENTS RELATED ON FAMILY NUTRITIONAL AWARENESS). Penelit Gizi dan Makanan. 2016;39(1):15–26.
Jatmika SED, Maulana M, Kuntoro, Martini S. Buku Ajar Pengembangan Media Promosi Kesehatan. K-Media. 2019. 271 p.
NURHADI NN. Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Mata Pelajaran Ips Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Kota Pekanbaru. el-IbtidaiyJournal Prim Educ. 2022;5(1):43.
Abdullah F. MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DALAM MATA PELAJARAN PRODUKTIF SMK DI ACEH TIMUR. J Educ Sci. 2020;6(2).
Neny San Agustina Siregar, Mardiah M, Dewi Mey Lestanti Mukodri, Rita Ridayani, Wahyu Eni Setyohari. Game Edukasi Monopoli Anemia (Gema) Sebagai Media Inovasi Health Education Yang Dapat Mempengaruhi Pengetahuan Remaja Tentang Anemia. J Ilmu Kedokt dan Kesehat Indones. 2022;2(2):104–13.
Notoadmojo S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (edisi revisi 2012). Jakarta: Cipta., Jakarta: Rineka; 2012.
Kurniawan DA. Penggunaan Media Belajar Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. J Rev Pendidik dan Pengajaran. 2020;3(1):10–5.
Dewi KR, Sukaesih NS, Lindayani E. Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media lembar balik terhadap peningkatan sikap PHBS pada siswa sekolah dasar. J Kesehat Tambusai [Internet]. 2023;4(2):793–800. Available from: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/14791
An author who publishes in the Journal of Nursing and Public Health agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Journal of Nursing and Public Health is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.