PENGARUH PEMBERIAN STIMULASI KOLASE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIC HALUS ANAK PAUD/TK DI KABUPATEN REJANG LEBONG BENGKULU
Abstract
Pendahuluan: Keterlambatan perkembangan terjadi karena kesalahan dalam memberikan stimulasi. Melakukan stimulasi yang memadai artinya merangsang otak balita sehingga perkembangan kemampuan gerak, bicara dan bahasa, sosialisasi dan kemandirian pada balita berlangsung secara optimal sesuai dengan umur anak.Pemberian stimulasi kolase dapat merangsang koordinasi mata tangan yang dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak Tujuan penelitian ini untuk pengaruh stimulasi Kolase terhadap perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di PAUD/TK wilayah Kecamatan curup selatan Rejang lebong tahun 2024 .Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian yaitu eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan pretest and post test design with control group. Pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak42 anak paud /TK..21 kelompok intervensi stimulasi kolase, 21 kelompok kelompok kontrol intervensi tracing. Analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan uji man whitney.Hasil Penelitian: Hasil penelitian uji Wilcoxon ada pengaruh pemberian Stimulasi Kolase terhadap perkembangan motoric halus PAUD/TK dengan p value = 0,000 (<0,05) terdapat perbedaan sebelum dan sesudah stimulasi kolase. Dan hasil statistik yaitu uji man whitney didapat nilai p value 0,015 < 0,05 ini berarti lebih efektif pemberian stimulasi kolase dari pada stimulasi tracing terhadap perkembangan anak paud/ TK.
Downloads
References
Hamid, Ridwan. 2018. “Pengaruh menggambar terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di TK Al-Khairat Kelurahan Mogolaing”. Vol 1
Idhayanti,R,I Dkk. 2022. “Stimulasi kose Dan Puzzle Mampu Meningkatkan Perkembanganmotorik Halus Anak Prasekolah”. Jurnal Sains Kebidanan. 4 (1): 14-21
Maisyaroh, N. 2016. Peningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Kegiatan Kolase di Roudhatul Athfal Miftahul Ulum Sukorejo Pasurjambe Kabupaten Lumajang. Lumajang.
Makrufiyani, dkk. 2020. “Faktor-faktor yang mempengaruhi status perkembangan balita di Sleman Yogyakarta”. Jurnal Nutrisia. Vol 22 (1)
Muharrar, V 2014. Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Semarang: Erlangga Group
Najabilubaba, dkk. 2020. “Hubungan Pemberian Program Taman Kanak-Kanak A Terhadap Perkembangan Fungsi Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di Yayasan Mutiarabunda Pemogan Denpasar”. Majalah ilmah fisioterapi Indonesia. Vol 8 (1)
Nardina, Evita Aurilia dkk. 2021. Tumbuh Kembang Anak. Kudus: Yayasan kita menulis
Noviyanti, M. 2015. "Perbedaan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Melalui Terapi Seni Rupa Kolase dan Clay DI PG Islam Maryam Surabaya." Doctoral Dissertation Universitas Airlangga.
Rahim, Nur Asia. 2020. “Pengaruh Kegiatan Stimulasi kose Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Nusa Makassar”. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. 6(1): 16-20
Rahmadani, Saskia Putri, dkk. 2022. “Pengaruh Metode Tracing Terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah”. Jurnal Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Klaten
Reswari, Ardhana. 2022. Perkembangan fisik dan motorik anak. Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka
Roza, Andalia dkk. 2021. “Analisa Gambaran Ketercapaian Tahap Perkembangan Anak PAUD dengan menggunakan Denver II”. Jurnal Ilmu Keperawatan. 10 (1): 1-11
Rudiyanto, A. 2016. Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Darussalam Press Lampung
Prathiwi, dkk. 2015. Penerapan Kegiatan Menjiplak (Tracing) untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Halus pada Kelompok Dahlia TK Arrohmah Josroyo Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Sebeleas Maret
Purnama, T,B, 2020. Buku Diklat Manajemen dan Analisis Data Kesehatan. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
An author who publishes in the Journal of Nursing and Public Health agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Journal of Nursing and Public Health is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.