TINGKAT KECEMASAN SISWA KEBIDANAN DALAM MENGHADAPI UJI KOMPETENSI KEBIDANAN NASIONAL
Abstract
Ujian kompetensi nasional merupakan sarana yang berguna untuk menyempurnakan pencapaian kompetensi yang relevan sesuai dengan kriteria kompetensi yang dituntut masyarakat dan untuk meningkatkan proses pendidikan. Kecemasan adalah emosi yang umum di kalangan siswa. Salah satu penyebab siswa gagal dalam ujian kompetensi adalah rasa cemas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui derajat kecemasan yang dialami mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bengkulu yang akan segera mengikuti uji kompetensi nasional bidan. Jenis penelitian ini menggunakan observasi deskriptif. Penelitian ini diikuti oleh 52 mahasiswa tingkat akhir program studi diploma tiga kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Bengkulu sebagai responden. Sampel yang digunakan adalah Total sampling yaitu pendekatan yang digunakan untuk pengambilan sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan Google form dan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Untuk mengetahui frekuensi tingkat kecemasan siswa digunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mengevaluasi data. Dari responden, 25 orang (59,5%) melaporkan merasa cemas. Mengenai tingkat kecemasan responden, lebih dari setengahnya 18 orang (42,9%) mengalami kecemasan ringan, 4 orang (9,5%) mengalami kecemasan sedang, 2 orang (4,8%) mengalami kecemasan berat, dan 1 orang (2,4%) mengalami kecemasan sangat berat. Kesimpulannya, siswa yang mengikuti uji kompetensi nasional sering kali merasa cemas, sehingga hal ini dapat menyebabkan kegagalan mereka dalam lulus ujian tersebut. Memahami tingkat kecemasan yang diderita siswa, mengambil tindakan pencegahan.
Downloads
References
Fitria, R. (2021). Persiapan Peserta Ujian Menghadapi Uji Kompetensi Nasional Diii Kebidanan. Jurnal Ilmiah Panmed (Pharmacyst, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwifery, Environment, Dental Hygiene), 16(1), 114–119.
Fitria, R., Serudji, J., & Evareny, L. (2019). Persiapan Uji Kompetensi Bidan sebagai Exit Exam. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jamb, 19(1), 195–203. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i1.590
Hendriana, Y. (2022). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Uji Kompetensi Berbasis Exit Exam Dengan Kepercayaan Diri Melanjutkan Pendidikan Profesi Ners Pada Mahasiswa Semester Vii Stikes Kuningan. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(01), 263–274. https://doi.org/10.34305/jikbh.v13i02.662
IBI. (2020). Panduan Pelaksanaan Ukom Retaker Diploma Tiga Kebidanan.
Irawan, M., Asiah, & Ginting, R. L. (2017). Program Penyiapan Siswa Menghadapi Ujian Nasional: Diagnosis Dan Remediasi Kesulitan Penguasaan Materi Ujian (KPMU). School Education Journal PGSD FIP UNIMED, 7(4), 461–473.
Jamil, H., Alakkari, M., Jandali, O. Al, Al-mahini, M. S., & Alsayid, M. (2022). The Impact of Anxiety and Depression on Academic Performance : A Cross-Sectional Study among Medical Students in Syria. Avicenna Journal of Medicine Vol., 12(3), 111–119. https://doi.org/https://doi.org/ 10.1055/s-0042-1755181
Kemendikbud. (2013). Surat Edaran Dirjen Pendidikan Tinggi No. 704/E.E3/DT/2013 Perihal Uji Kompetensi bagi calon lulusan pendidikan tinggi bidang kebidanan dan keperawatan.
Kemenerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 69(555), 1–53.
Kemenristekdikti. (2019). Panduan Persiapan Peserta Uji Kompetensi Nasional: Program studi DIII Kebidanan (Issue 9). Kemeristekdikti.
Kholifah, S., & Kusumawati, W. (2016). Hambatan Lulusan Ners Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Ners Indonesia. The Indonesian Journal of Health Sciene, 7(1), 40–47.
Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. ANALITIKA : Jurnal Magister Psikologi UMA Available, 12(1), 22–33. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3110
LAMPTKES. (2016). Persyaratan Akreditasi Minimal Pembukaan Program Studi Baru Profesi: Matrik Penilaian Instrumen Akreditasi Minimal.
Marsidi, S. R. (2021). Identification of Stress, anxiety, and depression levels of students in preparation for the exit exam competency test. Journal of Vocational Health Studies, 05, 87–93. https://doi.org/10.20473/jvhs.V5.I2.2021.87-93
Marthoenis, Meutia, I., Fathiariani, L., & Sofyan, H. (2019). Prevalence of depression and anxiety among college students living in a disaster-prone region. Alexandria Journal of Medicine, 54(4), 337–340. https://doi.org/10.1016/j.ajme.2018.07.002
Melliasany, N., & Perceka, A. L. (2021). Tingkat Kecemasan dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Menghadapi Uji Kompetensi Exit Exam. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 255. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33407
Nurrahmasia, N., Amalia, E., & Sari, D. P. (2021). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Skor Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Keterampilan Medik Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Universitas Mataram. Smart Medical Journal, 4(1), 18. https://doi.org/10.13057/smj.v4i1.47695
Peraturan Menteri Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Uji Kompetensi Mahasiswa Bidang Kesehatan (2016).
Perbowosari, H., Indrawan, I., Wijoyo, H., & Setyaningsih. (2020). Pengantar Psikologi Pendidikan.
Prilly, N. N., Sari, R. M., & Aprilia, T. R. (2020). Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan di Indonesia. Fkm Ui, December, 1–9.
Rahmawati, S., Imawati, R., & Firmiana, M. (2017). Pelatihan Motivasi Bagi Siswa Kelas XI SMA dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Ujian Nasional. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(1), 34–40. https://doi.org/10.36722/sh.v4i1.252
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan (2014).
Uswah Wardiana, & Afinia Sandhya Rini. (2022). Pengaruh Relaksasi Meditasi Gelembung Pikiran Terhadap Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Sma/Sederajat Kelas Xii Di Tulungagung. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.30762/happiness.v3i1.349
Werni, S., Rosita, R., Prihartini, N., & Despitasari, M. (2019). Identifikasi Kompetensi Bidan: Data Riset Pendidikan Tenaga Kesehatan Tahun 2017. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 3(3), 142–151. https://doi.org/10.22435/jpppk.v3i3.2458
Copyright (c) 2024 ADE ZAYU CEMPAKA SARI, RIANG ADEKO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Journal of Nursing and Public Health agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Journal of Nursing and Public Health is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.