HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) DI SMAN 03 KOTA BENGKULU

  • RIALIKE BURHAN PROGRAM SARJANA TERAPAN KEBIDANAN, PROGRAM STUDI KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • MELSYAH SURIYANTI PROGRAM SARJANA TERAPAN KEBIDANAN, PROGRAM STUDI KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • NISPI YULYANA PROGRAM SARJANA TERAPAN KEBIDANAN, PROGRAM STUDI KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
Keywords: Pendewasaan Usia Perkawinan, Pengetahuan, Sikap, Remaja

Abstract

Pendahuluan: Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) sebagai upaya untuk meningkatkan usia pada perkawinan pertama, sehingga pada saat perkawinan mencapai usia minimal 20 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki. Batasan usia ini dianggap sudah siap baik dipandang di sisi kesehatan maupun perkembangan emosional untuk menghadapi kehidupan berkeluarga. Metode: Jenis penelitian ini adalah dengan metode cross sectional. Populasi pada penelitian adalah siswa di SMAN 03 Kota Bengkulu kelas XI berjumlah 389 orang pengambilan sampel berjumlah 86 orang, menggunakan teknik proportionate Stratified Random sampling. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji chi square. Hasil dan Pembahasan: Hasil uji chi square menunjukkan nilai OR 3,333 artinya responden yang memiliki pengetahuan tentang pendewasaan usia perkawinan kurang baik lebih berisiko 3 kali lipat dari pada responden yang memiiki pengetahuan tentang pendewasaan usia perkawinan yang baik dan nilai P Value 0,019 (<0,05) artinya ada hubungan signifikan antara pengetahuan dan sikap remaja tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) di SMAN 03 Kota Bengkulu 2023. Kesimpulan: Berdasarkan hasil peneitian yang telah dilakukan di SMA N 03 Kota Bengkulu, dapat disimpulan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap remaja tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) di SMAN 03 Kota Bengkulu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bawental, N. R., Korompis, G. E., & Maramis, F. R. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Kesehatan Reproduksi Pada Peserta Didik Di Sma Negeri 3 Manado. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 8(7).
Dale, D. S., & Sari, R. P. (2020). Hubungan Pengetahuan Remaja Putri tentang Pendewasaan Usia Perkawinan dengan Sikap Tentang Pernikahan Dini di SMAN 10 Pekanbaru. Jurnal Kesehatan Maharatu, 1(1).
Dewi, R. et al. (2022) ‘Pembinaan Kelompok Bina Keluarga Re’, 5(2), p. 68.
Dini, A.Y.R. and Nurhelita, V.F. (2020) ‘Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Pendewasaan Usia Perkawinan Terhadap Risiko Pernikahan Usia Dini’, Jurnal Kesehatan, 11(1), pp. 50–59. Available at: https://doi.org/10.38165/jk.v11i1.197.
Hadina, H., Longgupa, L. W., Rahmawati, R., & Radjulaeni, Z. (2023). The Impact of Early Marriage on Women: Dampak Pernikahan Anak Perempuan. Napande: Jurnal Bidan, 2(1), 19-25.
Istawati, R. (2019) ‘Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Remaja Putri Tentang Pendewasaan Uisa Perkawinan di M.A Pondok Pesantren Teknologi’, Jurnal Ilmu Kebidanan, 8(1), pp. 1–6.
Maemunah, M., & Wulandari, S. (2021). Penerapan Pendewasaan Usia Perkawinan sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(1), 104-110.
Oktarianita et al. (2022) ‘Tingkat Pengetahuan dengan Sikap Remaja Terhadap Pendewasaan Usia Perkawinan’, Jurnal Kesmas Asclepius, 4(1), pp. 19–25.
Suryanto, M. H. (2022). Peran Kantor Urusan Agama Dalam Meminimalisasi Kasus Perkawinan Di Bawah Umur Pada Masa Pandemi Covid-19. Sakina: Journal of Family Studies, 6(1).
Published
2024-04-22
How to Cite
BURHAN, R., SURIYANTI, M., & YULYANA, N. (2024). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN (PUP) DI SMAN 03 KOTA BENGKULU. Journal of Nursing and Public Health, 12(1), 43-48. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jnph/article/view/6333
Section
Articles