HUBUNGAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN KECEMASAN HOSPITALISASI ANAK PRASEKOLAH

  • DIAN DWIANA MAYDINAR STIKES TRI MANDIRI SAKTI BENGKULU
  • ELSI RAHMADANI STIKES TRI MANDIRI SAKTI BENGKULU
  • CHANDRAINY PURI STIKES TRI MANDIRI SAKTI BENGKULU
Keywords: Kecemasan Hospitalisasi, Komunikasi Perawat

Abstract

Hospitalisasi adalah suatu keadaan anak dirawat di rumah sakit yang sering juga disertai dengan kecemasan. Tujuan Penelitian ini adalah diketahui Hubungan Komunikasi Perawat Dengan Kecemasan Hospitalisasi Anak Prasekolah. Metode yang digunakan adalah desain penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian 33 orang tua anak prasekolah yang dirawat di Ruang Rawat Rumah Sakit di Bengkulu. Penelitian ini menggunakan SPSS dengan uji statistik bivariate chi-Square dengan nilai ɑ=<0,05. Hasil analisis univariat bahwa hampir sebagian responden 33,3% atau responden memiliki usia 3 tahun dan Sebagian besar responden 63,6 % atau 21 responden menilai komunikasi perawat baik. Hasil analisis bivariat bahwa ada Hubungan Komunikasi Perawat Dengan Kecemasan Hospitalisasi Anak Prasekolah (p 0,002). Kesimpulan Hubungan Komunikasi Perawat Dengan Kecemasan Hospitalisasi Anak Prasekolah. Peneliti menyarankan Bagi Rumah Sakit diharapkan dapat memberikan informasi tentang kesehatan terutama tentang komunikasi perawat dalam menurunkan kecemasan anak yang dirawat di Rumah Sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni dkk. 2019. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal Volume 9 No 2, Hal 135-140, April 2019 ISSN 2089-0834
Anggika A,Wahyuni. 2016. Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi Berhubungan Dengan Perubahan Pola Tidur Di Rsud Karanganyar. GASTER Vol. XIV No. 2 Agustus 2016
Ariani, & Aini. 2018. Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Pelayanan Keperawatan. P- ISSN: 2086-3071, E-ISSN: 2443-0900 Versi online: Volume 9, Nomor 1, Januari 2018
Cholis, dkk. 2020. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Hemodialisa Di RSUD Dr Harjono Ponorogo. Jurnal Kpeerawatan terpadu . p-ISSN: 2406-9698
 
David. 2018. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Tribrata Rumah Sakit Bhayangkara Tk Iii Polda Bengkulu Tahun 2018. Skripsi
Febrianti, dkk. 2020. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di Rumah Sakit Permata Bunda Malang. PROFESIONAL HEALTH JOURNAL Volume 2, No. 1, Juni 2020 (Hal. 50-57)
Firmansyah. Dkk. 2019. Perilaku Caring Perawat Berdasarkan Teori Jean Watson di Ruang Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Vokasional, Vol. 4 No. 1 (Februari 2019) ISSN 2541-0644 (print), ISSN 2599-3275 (online) DOI hps://doi.org/10.22146/jkesvo.40957.
Francischinelli, A. G. ., Almeida, F. A. &, & Fernandes, M. S. . (2012). Routine use of therapeutic play in the care of hospitalized children: nurses’ perceptions. Acta Paul Enferm, 25(1), 18–23. https://doi.org/10.1590/S0103-21002012000100004
Fatoni. 2018. Hubungan caring dengan kecemasan anak yang menjalani hospitalisasi di RSUD Wonogiri
Hadi, Munir & Siam. 2020. Efektifitas Penerapan Metode Family-Centered Care terhadap Pasien Anak dengan Stress Hospitalisasi. Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitungp-ISSN: 2087-2240; e-ISSN: 2655-0792
Hasyim, M. 2013. Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi Di Ruang Cendana Rsud Sleman Yogyakarta.
Hapsari. (2015). Hubungan Perilaku Caring Perawat Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah Saat Hospitalisasi Di Ruang Rawat Inap C Rs Wava Husada Kepanjen.
Hayati. 2010. Hubungan persepsi Dengan Tingkat Kepuasanpasien Tentang Caring Perawat Di Ruang Rawat Inap Kelas III Bangsal Marwah PKU Muhamadiah Yogyakarta. Tidak diterbitkan
Hidayat. 2010. Metode Penelitian kebidanan teknik analisa data. Salemba Medika:Jakarta
He, H. G., Zhu, L., Li, H. C., Wang, W., Vehvilainen-Julkunen, K., & Chan, S. W. (2014). A randomized controlled trial of the effectiveness of a therapeutic play intervention on outcomes of children undergoing inpatient elective surgery: study protocol. Journal of Advanced Nursing. https://doi.org/10.1111/jan.12234.
Hockenberry , J. M., & Wilson, D. (2013). Wong's Essentiala of pediatric Nursingninth Edition. St. Lois Missouri : Elsevier.
Hubbock.C. 2009. Play For Sick Children : Play Spesialists In Hospital And Beyond. Philadelphia : Jessica published Kingsley
Imam An-nawawi, Al-adzkar, Damaskus: Darul Mapah, 1971 M/1391 HJ, 113 WHO, (2018),. Geneva : WHO Pers Kemenkes. RI. (2014). Angka kesakitan dan Kematian anak. http:/kemenkes.go.id/
Kyle, T & Carman, S. (2015). Buku Ajar keperawatan pediatri Edisi 2. Jakarta : Wolters Klowers EGC.
Kusmiran, E. 2015. Soft skills caring: dalam pelayanan keperawatan. Jakarta: Trans Info Media.
Li, W. H. C., Oi, J., Chung, K., Ho, K. Y., Ming, B., & Kwok, C. (2016). Play interventions to reduce anxiety and negative emotions in hospitalized children. BMC Pediatrics, 16(36), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12887-016-0570-5
Mailani & Fitri. 2017. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Rsud Dr. Rasidin Padang. Journal Endurance 2(2) June 2017 (203-208)
Natalia, R. 2012. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Sekolah Yang Dirawat Di Ruang Perawatan Anak Di Rsud Panembahan Senopati Bantul
Notoatmodjo, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta
Pravitasari, A., Kedokteran, F., Studi, P., & Keperawatan, I. (2012). Perbedaan tingkat kecemasan pasien anak usia prasekolah sebelum dan sesudah program mewarnai, 1, 16–21.
Purwandari, haryati ningsih. 2009. Terapi bermain untuk menurunkan kecemasan perpisahan pada anak sekolah yang mengalami hospitalisasi. Semarang : jurnal keperawatan profesional indonesia.
Rahmadani, E, Damayanti, & Mardiah. 2017. Pengaruh Intervensi Bermain Terapeutik Terhadap Penurunan Nilai Kecemasan Hospitalisasi Anak Prasekolah Di Rsup Dr. Hasan Sadikin Bandung. Journal of Nursing and Public Health.
Ramdaniati, S., & Hermaningsih, S. (2016). Comparison Study of Art Therapy and Play Therapy in Reducing Anxiety on Pre-School Children Who Experience Hospitalization, (January), 46–52.
Rennick, J. E., Dougherty, G., Chambers, C., Stremler, R., Childerhose, J. E., Stack, D. M., … Hutchison, J. (2014). Children’s psychological and behavioral responses following pediatric intensive care unit hospitalization: the caring intensively study. BMC Pediatr, 14, 276. https://doi.org/10.1186/1471-2431-14-276
Respati. 2012. Studi Diskriptif Perilaku Caring Perawat Berdasarkan Ruang Rawat Inap UI. Tesis
Salmela, M., Aronen, E. T., & Salanterä, S. 2011. The experience of hospital-related fears of 4- to 6-year-old children. Child: Care, Health and Development, 37(5), 719–726. https://doi.org/10.1111/j.1365-2214.2010.01171.x
Stuart, W Gail. 2016. Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart. Jakarta : Elsevier. Jakarta.
Siswanti. 2018. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Dirawat Di Rsud Dr. Soedarso Dan Rsu Yarsi Pontianak.
Siswanti. 2017. Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah Yang Dirawat Di Rsi Sultan Hadirin Kabupaten Jepara Tahun 2017. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol.8 No.2 (2017) 84-88
Sukmayanti. 2018. Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah Akibat Hospitalisasi Di Rsau Dr. M. Salamun Bandung. Jurnal Kesehatan Aeromedika – Poltekes TNI AU Ciumbuleuit Bandung
Stuart, G.W & Laraia, M.T. 2010. Principles and practice of psychiatric nursing (eight editions). USA: St. Mosby Inc
Suparno & Saprianto .2019. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Stress Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. Ibnu Soetowo Baturaja
Tricia. 2018. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dan Peran Orang Tua Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Anak (Usia 5-14 Tahun) Di Rsud M. Yunus Bengkulu. Skripsi
Utami, Y. (2014). Dampak hospitalisasi terhadap perkembangan anak. Jurnal Ilmiah Widya, 2, 9–20. Jurnal Ilmiah WIDYA 9 Volume 2 Nomor 2 ISSN 2337-6686
WHC Li, SSC Chan, EML Wong, MC Kwok, & ITL Lee. (2014). Effect of therapeutic play on pre-and post- operative anxiety and emotional responses in Hong Kong Chinese children: a randomised controlled trial. Hong Kong Med J ⎥, 20(6), 36–39
Watson, 2012. Assessing And Measuring Caring In Nursing And Health Science 2nd Edition. New York : Springer Publishing Company Inc.
Widianti, C. R. 2011. Pengaruh Senam Otak Terhadap Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Rumah Sakit Pantih Rapih Yogyakarta. Tesis. Fakultas Keperawatan: Universitas Indonesia.
Zess, Rini. 2011. Analisis factor Budaya Organisasi yang berhubungan dengan perilaku caring perawat di Ruang rawap inap RSUD Gorontalo. Tesis
Published
2024-04-22
How to Cite
MAYDINAR, D., RAHMADANI, E., & PURI, C. (2024). HUBUNGAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN KECEMASAN HOSPITALISASI ANAK PRASEKOLAH. Journal of Nursing and Public Health, 12(1), 27-35. https://doi.org/10.37676/jnph.v12i1.6330
Section
Articles