KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) SELAMA PEMASANGAN INFUS

  • dwi wulandari
  • fitriana .
Keywords: instalasi infus, kecemasan anak

Abstract

Penyakit dan rawat inap sering menjadi isu krisis pada anak-anak. Selain itu, anak-anak yang dirawat di rumah sakit juga mendapat terapi infus yang sangat rentan terhadap kecemasan terkait dengan tindakan invasif. Selama pelaksanaan infus, seseorang sering merasa cemas terutama pada anak-anak karena takut akan tindakan seorang perawat. Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah (3-5 tahun) Selama Instalasi Infus di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Dr. M. Yunus Bengkulu pada tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan rancangan cross-sectional. Populasi adalah semua perawat yang ada di ruang Dr. DR. Rumah sakit M. Yunus Bengkulu pada 2017 sebanyak 27 perawat. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir separuh responden (40,7%) memiliki tingkat kecemasan yang parah, lebih dari separuh responden (59,3%), mendapat komunikasi terapeutik yang baik dari perawat dan ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kecemasan usia prasekolah (3-5 tahun) selama infus intravena di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Dr. M. Yunus Bengkulu pada tahun 2017 (p = 0,019). Dianjurkan ke rumah sakit Dr. M. Yunus Bengkulu untuk meningkatkan kualitas layanan keperawatan kepada anak sehingga anak-anak yang menjalani perawatan dapat menunjukkan kecemasan ringan atau tidak cemas dengan cara membuat peraturan kepada perawat untuk menerapkan pendekatan perawatan atraumatik pada anak-anak, terutama pada penerapan komunikasi terapeutik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-11
How to Cite
wulandari, dwi, & ., fitriana. (2018). KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN) SELAMA PEMASANGAN INFUS. Journal of Nursing and Public Health, 5(2), 19-24. https://doi.org/10.37676/jnph.v5i2.559
Section
Articles