HUBUNGAN ANTARA DURASI PENGGUNAAN ALAT ELEKTRONIK (GADGET), POLA KONSUMSI DENGAN STATUS GIZI PADA REMAJA DI MTSN 2 KOTA BENGKULU TAHUN 2023

  • WAHYUNI OKTAVIOLA POLTEKES KEMENKES BENGKULU
  • AHMAD RIZAL POLTEKES KEMENKES BENGKULU
  • AYU PRAVITA SARI POLTEKES KEMENKES BENGKULU
Keywords: Durasi Penggunaan Gadget, Pola Konsumsi, Status Gizi

Abstract

Masa remaja periode pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik secara fisik, psikologis maupun intelektual. faktor yang mempengaruhi status gizi remaja langsung Pola makan, jenis makanan, frekuensi makan, dan penyakit infeksi. Dan faktor penyebab tidak langsung terdiri dari faktor individu seperti, durasi penggunaan alat elektronik gadget, faktor keluarga (ekonomi), lingkungan sekolah dan teman sebaya, dan media massa. Rekomendasikan durasi gadget sebanyak ≤2,5 jam/hari pada remaja. Tingginya durasi penggunaan gadget mempengaruhi status gizi. Kebiasaan makan yang sering terlihat pada remaja antara lain makan cemilan, melewatkan waktu makan terutama sarapan pagi, waktu makan tidak teratur, sering makan fast food, jarang mengkonsumsi sayur dan buah serta pengontrolan berat badan yang salah pada remaja. Asupan makanan tidak sesuai kebutuhan dan gizi seimbang mengakibatkan gizi kurang atau lebih. Desain Penelitian menggunakan deskriftif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional, dimana semua variabel diukur pada waktu yang sama dengan variabel independen yaitu durasi penggunaan gadget, pola konsusmsi sedangkan variabel dependen adalah status gizi.hasil penelitian ini menunjukan dari 32 responden terdapat dengan durasi penggunaan alat elektronik gadget normal 40,6% , pola konsumsi baik 65,6%, status gizi normal 56,3%. hasil uji chi-square menunjukan ada hubungan antara durasi penggunaan alat elektronik gadget, pola konsumsi dengan status gizi remaja dengan nilai (p=<0,05).ada hubungan antara durasi penggunaan alat elektronik gadget, pola konsumsi dengan status gizi remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anandita Mega Kumala, A. M. (2019). hubungan antara durasi penggunaan alat elektronik (gadget), aktifitas fisik,pola konsumsi, dengan status gizi pada remaja usia 13-15 tahun. departemen ilmu gizi, fakultas kedokteran, universitas diponegoro: Universitas Diponegoro.
Andriani, dan Indrawati, 2021. Hubungan Pola Konsumsi Dengan Status Gizi pada Remaja di Bojo Negoro, Jatim. Jawa Timur.
Asif AR, R. F. (Kedokteran Diponegoro). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi danPerilaku Remaja Usia 11-12 Tahun.2017, Kedokteran Diponegoro.
Departemen Kesehatan RI. 2014. Pedoman Umum Gizi Seimbang. Depkes RI. Jakarta.
Departemen Kesehatan RI. 2014. Pedoman Umum Gizi Seimbang. Depkes RI. Jakarta.Almatsier, S. (2010). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Dina, dkk, 2019. Hubungan Body Image dengan Pola Konsumsi dan Dtatus Gizi Remaja Putri di SMPN 12 Semarang. Universitas Diponegoro.
Emilia, 2008. pola konsumsi Pada Remaja.Semarang.
Fauzi, 2012. Hubungan Kebiasaan dan Pola Hidup Sehat Pada Remaja. Yogyakarta.
Fadilah, 2015. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XII Ips Di SMAN 3 Kota Jambi. Jambi.
Florence, A. G. 2017. Hubungan Pengetahuan Gizi dan Pola Konsumsi Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa TPB Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung. Tugas Akhir : Prodi Tekpan Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung.
Garini, 2013. Hubungan Antara Kecanduan Gadget Dan Empati Remaja Akhir Di Kabupaten Boyolali. Universitas Negeri Semarang.
Harfiyanto, Cahyo Budi Utomo, Tjraturahono Budi. 2015. Pola Interaksi Social Siswa Penggunan Gadget di Sman 1 Semarang.
Hendrika, Y., Marselinus Laga N., Rut Rosina. 2022. Hubungan antara Durasi Penggunaan Gawai, Aktifitas fisik dan Pola Konsumsi dengan Status Gizi Remaja di SMPK ST. Ignatus Loyola.
rianto, K. 2014. Gizi Seimbang dalam Kesehatan Reproduksi. 1st ed. Alfabeta. Bandung.
Kamil, 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan . Lampung: IAIN Raden Intan Lampung.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2020. Jakarta : Depkes R. I.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2019. Angka Kecukupan Gizi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta : Depkes R. I.
Kementerian Kesehatan RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA. Jakarta : Depkes R. I.
Leyna, 2010. Faktor Pola Konsumsi Remaja. Jakarta.
Mayyoni, Ni putu pitri, 2019. hubungan penggunaan gadget, aktivitas fisik dengan status gizi siswa SMP di kota Denpasar. Tahun 2019. Poltekkes Denpasar.
Melita A Lowolang, Aaltje E, Bernabas H. 2020.Hubungan Penggunaan Screen Time dengan Status Gizi Remaja GMIM Kawangkoan. Minahasan.
Musyayyib, 2018.Hubungan antara Pola Konsumsi Dengan Status Gizi Remaja. Tahun 2018. Semarang.
Nurcahyo K. , Briawan D. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Gizi Remaja. Jurnal Gizi dan Pangan, 4(1), 4-5.
Nyoman Wahyu Meta Wulandari, Lailatul Muniroh, T. S. N. 2015. Asupan Energi Dan Aktivitas Fisik Berhubungan Dengan Z-Score Imt / U Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia, 10(1), 51-56.
Osa Kurniawan Ilham. 2011. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Orang Tua Dan Anak Di Kelrurahan Walian Kecamatan Tomohon Selatan. Unsrat.
Published
2023-10-19
How to Cite
OKTAVIOLA, W., RIZAL, A., & SARI, A. (2023). HUBUNGAN ANTARA DURASI PENGGUNAAN ALAT ELEKTRONIK (GADGET), POLA KONSUMSI DENGAN STATUS GIZI PADA REMAJA DI MTSN 2 KOTA BENGKULU TAHUN 2023. Journal of Nursing and Public Health, 11(2), 486-492. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i2.5183
Section
Articles