FAKTOR PENYEBAB DAN DAMPAK PAPARAN PESTISIDA TERHADAP KESEHATAN PETANI

  • CHAIRUNNISA CHAIRUNNISA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
  • ELVIRA ENDAH MASYURA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
  • DINA AIDILA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
  • MUHAMMAD RAJASYAH MARKUASA SIAGIAN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
  • NANDA NANDA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
  • SHABRINA RAHMADANI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
Keywords: Pestisida, paparan pestisida petani, penyebab

Abstract

Pendahuluan: Pestisida merupakan bahan kimia yang dapat menghilangkan hama dan dapat meningkatkan hasil pertanian, disamping efek menguntungkan juga dapat menimbulkan efek merugikan dari paparan pestisida pada manusia yakni dapat mempengaruhi kesehatan petani. Tubuh yang terpapar pestisida akan mengganggu pembentukan sel darah merah yang dapat berpengaruh pada penurunan kadar hematokrit dan sistem imun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab dan dampak paparan pestisida terhadap petani. Metode penelitian : Metode yang digunakan desain literature review yang memakai format PICOS dan menggunakan kata kunci “exposure pesticide” AND “exposed pesticide hematology”. Hasil yang diperoleh dari database Science Direct, Google Schoolar dan Spirnger sebanyak 40 jurnal kemudian difilter lagi untuk jurnal dalam kurun waktu lima tahun dan dengan permasalahan yang sama didapatkan jurnal sebanyak 3 judul. Hasil: Anemia adalah keadaan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah kurang dari batasan normal yang berbeda untuk setiap kelompok usia dan jenis kelamin yang dapat disebabkan oleh kelainan pembentukan sel, pendarahan, ataupun gabungan ketiganya. Anemia juga berdampak pada kesehatan manusia, sama halnya dengan dampak yang diberikan dalam pembangungan sosial dan ekonomi. Pestisida adalah racun yang sangat berbahaya bagi manusia sehingga faktor keamanan pemakaian pestisida perlu mendapat prioritas. Idealnya pestisida dapat membunuh serangga pembawa penyakit dan hama pada tanaman, tetapi tidak beracun bagi manusia dan makhluk hidup lainnya yang bukan merupakan target. APD ) adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melindungi seseorang yang fungsinya mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya di tempat kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, N. and Norfai, N. (2018) ‘Paparan Pestisida terhadap Kejadian Anemia pada Petani Hortikultura’, Majalah Kedokteran Bandung, 50(4), pp. 215–221. Available at: https://doi.org/10.15395/mkb.v50n4.1398.
Fajriani, G.N., Aeni, S.R.N. and Sriwiguna, D.A. (2019) ‘Penggunaan Apd Saat Penyemprotan Pestisida Dan Kadar Kolinesterase Dalam Darah Petani Desa Pasirhalang’, Jurnal Media Analis Kesehatan, 10(2), p. 163. Available at: https://doi.org/10.32382/mak.v10i2.1229
Tessema, R.A., Nagy, K. and Ádám, B. (2022) ‘Occupational and environmental pesticide exposure and associated health risks among pesticide applicators and non-applicator residents in rural Ethiopia’, Frontiers in Public Health, 10. Available at: https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.1017189.
Published
2023-10-19
How to Cite
CHAIRUNNISA, C., MASYURA, E., AIDILA, D., MARKUASA SIAGIAN, M., NANDA, N., & RAHMADANI, S. (2023). FAKTOR PENYEBAB DAN DAMPAK PAPARAN PESTISIDA TERHADAP KESEHATAN PETANI. Journal of Nursing and Public Health, 11(2), 331-337. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i2.5094
Section
Articles