STUDI LITERATUR TENTANG PENINGKATAN MANAJEMEN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT INDONESIA

  • AMBARI AMBARI PROGRAM MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT, FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT, UNIVERSITAS SRIWIJAYA, PALEMBANG
  • ELVI SUNARSIH PROGRAM MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT, FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT, UNIVERSITAS SRIWIJAYA, PALEMBANG
  • MISNA MINARTI PROGRAM MAGISTER ILMU KESEHATAN MASYARAKAT, FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT, UNIVERSITAS SRIWIJAYA, PALEMBANG
Keywords: Akreditasi, Kualitas, Manajemen, Pelayanan, Rumah Sakit

Abstract

Pendahuluan: Rumah sakit berfungsi sebagai sumber rujukan utama untuk perawatan kesehatan, terutama ketika menyangkut masalah penyembuhan dan rehabilitasi kesehatan pribadi.Kemampuan rumah sakit dalam memberikan perawatan berkualitas tinggi yang memuaskan pasien merupakan salah satu tuntutan kesehatan konsumen.Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar pelayanan kesehatan yang ditentukan dengan menggunakan manajemen mutu pelayanan sebagai suatu proses.Metode: metodologi yang digunakan literature review, dan melibatkan sejumlah kegiatan yang melibatkan pengumpulan data perpustakaan tentang peningkatan manajemen mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit.Hasil dan Pembahasan: Dalam bisnis atau aktivitas apa pun yang menyediakan layanan, layanan pelanggan adalah rahasia kesuksesan. Jika konsumen senang, penyedia layanan mengharapkan umpan balik dalam bentuk keinginan pelanggan untuk menyatakan minat dalam merekomendasikan penyedia layanan kepada orang lain untuk menyebarkan berita tentang pengalaman positif dan menarik klien baru.Kesimpulan:Meliputi Peningkatan Akreditasi Rumah Sakit, Sistem Manajemen Mutu yang Sesuai dengan ISO 9001:2015, Pelaksanaan Manajemen Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS) harus ditingkatkan, Total Quality Management (TQM) dalam Layanan Rumah Sakit: Analisis, Manajemen data adalah kebutuhan layanan minimum rumah sakit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina D, Fajriani A, Lubis AS, Anggreini D, Yani FA, Firzah N. Improving Health Service Quality Management in Hospitals (Literature Study). Majalah Kesehatan Indonesia. 2022 Oct 5;3(2).
Agow MC, Citraningtyas G, Rumondor EM. Customer perspective and learning and growth perspective in measuring performance of pharmacy installation at manado advent hospital with balanced scorecard method. 2021.
Abdul Hamid Sanogo NAHNAJ. Conceptualizingaframework for customer satisfaction in burkina fasoelectricity industry. 2023;8(46):324–33. jember. 2018.
Afiyah S, Huriyati R, Wawan ) &, Abdillah S. Bekualitaskah pelayanaan pada program kesehatan pengobatan dasar di puskesmas leuwisari? Vol. 1, PANENGEN: JOURNAL OF INDIGENOUS KNOWLEDGE.
Agustina D, Ridha Munawarah V. Manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit: literatureREVIEW. 2023;4(2).
Apriansyah M, Nilam Kencana P. Perencanaan sdm rumah sakit dalam pemenuhan tenaga kesehatan pada rumah sakit medika bsd. Vol. 1. 2023.
Armada HP. Implementasi e-government pada layanan e-health pada puskesmas surabaya timur nur handayani sekolah tinggi ilmu ekonomi indonesia (stiesia) surabaya. 2023.
Astria Apriliavini Priscila Palenewen. Upaya Peningkatan Manajemen Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Tinjauan Teoritis. 2023;1(1):53–9.
Ayu Y, Smk N, Ilham B. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Ciluluk. 2022;1(2):1–19.
Bakobat H, Wulur M, Sumarauw JSB, Bakobat H, Wullur M, Sumarauw JSB. Analisis penerapan manajemen mutu terpadu di rumah sakit budi mulia bitung analysis of the implementation of total quality management at Budi Mulia Bitung hospital. 2021;9:622–621.
Chandra Wirawan PO. Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Kesehatan di RSUD Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat Tahun 2022. 2023;6(6). Available from: https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3
Dewi WS, Ginting D, Gultom R, Pasca S, Magister S, Masyarakat K. Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Di Instalasi Rekam Medis RSUP H. Adam Malik Dengan Metode Human Organization Technology Fit (HOT-FIT) Tahun 2019 [Internet]. Vol. 6. Online; 2021. Available from: http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JIPIKI73Journalhomepage:http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JIPIKI
Deby rara Yolanda. Analisis sistem pelayanan administrasi dalam penerimaan pasien bpjs di ruang instalasi gawat darurat rumah sakit umum daerah h. andi sultan daeng radja kabupaten bulukumba tahun 2018. 2019;
Fitriani PCT, Prasetjo AB. The Indonesian Journal of Health Promotion Analisis Evaluasi Sistem Informasi P-Care dengan Metode Hot-Fit Model pada Puskesmas di Indonesia : Literature Review. 2022;5(5). Available from: https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3
Feybe Ireine Kumayas FP. evaluasi implementasi permenkes nomor 72 tahun 2016 terhadap manajemen perencanaan, pengadaan dan pengendalian obat di instalasi farmasi rumah sakit umum daerah provinsi sulawesi utara. 2023;4(2).
Fibrian KC, Suryawati CS. Pengaruh dimensi mutu terhadap kepuasan pasien pada layanan katarak dan bedah refraktif di rumah sakit mata x Semarang [Internet]. 2023. Available from: http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan
Hidayat MT, Oster C, Muir-Cochrane E, Lawn S. Indonesia free from pasung: a policy analysis. Int J Ment Health Syst. 2023 Dec 1;17(1).
Hidayah N, Aini Q, Husainah N. The Implementation of Human Capital Management in Sharia Hospital. 2022.
Hartika A, Fitridiani M, Asbari M. Analysis of ISO 9001:2015 Implementation in Hospitals: A Narrative Literature Review. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT [Internet]. 2023;02(03). Available from: https://jisma.org
Hulu SRK. Analisis Rencana Strategis Sumber Daya Manusia (SDM) Keperawatan Di Rumah Sakit Wilayah Jakarta. Indonesian Journal of Nursing Scientific [Internet]. 2023 Jun 30;3(1):41–8. Available from: https://journal.khj.ac.id/index.php/ijons/article/view/61
Idamatussilmi F, Raudhatul Hikmah R. Reenginering proyek pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Semarang. 2023.
Irgi Biantara DK. Studi Kasus: Analisis Pengendaliandan Manajemen Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Rumah Sakit (K3RS). 2023;3(2):114–24.
Irmawati Wijayaa EKNH. Evaluasi realisasi anggaran belanja pada rumah sakit x bekasi. 2023;2(1):73–89.
Indah Mutiara Puspita Sari SPJSPA. Analisis Pendekatan Perilaku Organisasi Dalam Kendali Mutu dan Kendali Biaya Selama Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Swasta X Kota Semarang. 2023;22(1):148–63.
Jauharotun Nafi’ah. Hubungan persepsi beban kerja perawat dengan stres kerja perawat dalam kegiatan mempertahankan akreditasi rumah sakit paripurna di rumah sakit tk. iii baladhika husada
Jayak Pratama K, Nur Khasanah I, Weni Sari D, Hanim Mohd Sabri N. Analysis of patient satisfaction on the quality of pharmaceutical service at the pharmaceutical installation [Internet]. Vol. 4, Global Health Science Group. 2023. Available from: http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/PICNHS
Nisa K, Tua RFS H. Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai. JHPIS) [Internet]. 2023;2(3):224–34. Available from: https://doi.org/10.55606/jhpis.v2i3.1993
Nugroho AF, Mulyanti D, Surapati J, 189 N, Kaler KC, Bandung K, et al. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Secara Umum. 2023;1(3):39–45. Available from: https://doi.org/10.55606/mri.v1i3.1243
Obaid D, El-Dahiyat F, Babar ZUD. Recommendations to improve pharmacy practice research in the Middle Eastern Arab countries. Vol. 14, Journal of Pharmaceutical Policy and Practice. BioMed Central Ltd; 2021.
Puspitasari YA, Muchsin S, Pindahanto R. Evaluasi pelaksanaan pelayanan kesehatan masyarakat ( Studi Pada Instalasi Rawat Inap di RSUD Dr Saiful Anwar Malang). Jurnal Respon Publik. 2019;13(4):53–60.
Pindobilowo, Lukas Kusparmanto, Dwi Ariani. Dental and Oral Hospital Health Service System in Indonesia. Jurnal Multidisiplin Madani [Internet]. 2023 May 30;3(5):1094–8. Available from: https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/2975
Rahayu B, Ariyani N, Levyda L. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi pada Unit Pelayanan Transfusi Darah di RSCM. Jurnal Syntax Admiration [Internet]. 2023 Feb 1;4(2):138–51. Available from: https://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurnal/article/view/502
Rutin RD, Ahmad J. Pengaruh Manajemen Pelayanan Terhadap Efektivitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS). Vol. 21. 2022.
Steavanno D, Fakrulloh Z, Bakir H. Hospital Criminal Law Refusing Emergency Patient Medical Services. In European Alliance for Innovation n.o.; 2023.
Sentot Iman Wahjono. Pengambilan keputusan di Rumah Sakit Muhammadiyah Babat. 2022.
Suci Vironikaa FY. implementasi peraturan walikota pekanbaru nomor 68 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada rumah sakit daerah madani kota pekanbaru. 2021;5(2):74–85.
Suwarji. Implementasi pelayanan kesehatan peserta badan penyelenggara jaminan sosisial (bpjs) di kaji dari undang – undang no.24 th.2014 di RSUD dr. Soewondo Kendal. 2022;1(2):01–23.
Tarigan AM, Putra C, Helmanita W, Purwana R. The Relationship between Service Quality and Patient Safety Goals in the Inpatient Ward of UPTD RSUD Datu Beru Aceh. Vol. 1, Jurnal Kesehatan LLDIKTI Wilayah. JUKES; 2023.
Tawar, Santoso AF, Salma YS. Model HOT FIT dalam Manajemen Sistem Informasi. Bincang Sains dan Teknologi. 2022 Dec 4;1(02):76–82.
Uswatul Hasanah LFEZ. Video as a Tool in Improving Pharmacy Student’s Knowledge and Skills About Tonicity. 2020;5(06). Available from: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.nedt.201
Valencia F. Literature reviewgambaran evaluasi sistem informasi manajemen rumah sakit (simrs) dengan metode hot-fit. 2021.
Yolanda. Analisis keberhasilan sistem informasi tangerang gemilang pengaduan darurat (sigap 112) menggunakan model human organization technology(hot)-fit. 2022.
Yuliana Erma Kristanti RQA. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. 2021;1(2).
Yuliati V, Andriani H. Implementation of lean kaizen to reduce waiting time for the Indonesian health social security agency prescription services in hospital pharmacy installation. Open Access Maced J Med Sci. 2021 Jan 10;9:1495–503.
Yulius Don Pratama, Sangking, Thea Farina. Perlindungan hukum terhadap pasien BPJS Kesehatan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya. Journal of Environment and Management. 2021 May 27;2(2):191–9.
Yusni P. korelasi penerapan keselamatan pasiendengan kepuasan pelayanan anakdi rsbhayangkara makassar. 2022.
Zikri A, Harahap MI. Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. 2022.
Published
2023-10-19
How to Cite
AMBARI, A., SUNARSIH, E., & MINARTI, M. (2023). STUDI LITERATUR TENTANG PENINGKATAN MANAJEMEN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT INDONESIA. Journal of Nursing and Public Health, 11(2), 318-330. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i2.5093
Section
Articles