PENGARUH EDUKASI MELALUI VIDEO ANIMASI “ECAMI” TERHADAP PERILAKU ANAK SEKOLAH DASAR TENTANG KESIAPSIAGAAN DALAM EVAKUASI BENCANA TSUNAMI DI KOTA BENGKULU

  • ERNI BUSTON  POLTEKKES KEMENKES BENGKULU, JURUSAN KEPERAWATAN
  • PAUZAN EFENDI  POLTEKKES KEMENKES BENGKULU, JURUSAN KEPERAWATAN
  • MIA AMELIA POLTEKKES KEMENKES BENGKULU, JURUSAN KEPERAWATAN
  • AHMAD RIZAL  POLTEKKES KEMENKES BENGKULU, JURUSAN KEPERAWATAN
Keywords: Tsunami, Perilaku, Video Animasi, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Bencana adalah peristiwa yang mengancam dan menimbulkan dampak pada semua usia termasuk anak-anak. Anak termasuk golongan yang rentan bencana sehingga perlu dilakukan upaya kesiapsiagaan pada anak. Salah satu upaya tersebut adalah dengan diberikan edukasi kepada anak sekolah dasar menggunakan video animasi “ECAMI” tentang kesiapsiagaan dalam evakuasi bencana tsunami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi melalui video animasi “ECAMI” tentang kesiapsiagaan dalam evakuasi bencana tsunami terhadap perilaku anak sekolah dasar di kota Bengkulu tahun 2021. Desain penelitian adalah quasi experiment dengan pre-post test design with control group. Sampel penelitian berjumlah 44 orang yang terdiri dari 22 orang pada kelompok intervensi dan 22 pada kelompok kontrol.Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Analisis menggunakan t test dengan α ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan sebelum intervensi pada kelompok intervensi 69,58 dan pada kelompok kontrol 72,03, kemudian rata-rata sikap sebelum intervensi pada kelompok intervensi 74,09 dan pada kelompok kontrol 74,64, sedangkan rata-rata tindakan sebelum intervensi pada kelompok intervensi 64,91 dan pada kelompok kontrol 65,09. Rata-rata pengetahuan setelah intervensi pada kelompok intervensi 91,78 dan pada kelompok kontrol 84,27, kemudian rata-rata sikap setelah intervensi pada kelompok intervensi 92,45 dan pada kelompok kontrol 87,64, sedangkan rata-rata tindakan setelah intervensi pada kelompok intervensi 92,73 dan pada kelompok kontrol 83,27.  Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan rata-rata pengetahuan dengan p value 0,000, perbedaan rata-rata sikap dengan p value 0,000, dan perbedaan rata-rata tindakan dengan p value 0,002. Edukasi video animasi “ECAMI” dapat meningkatkan perilaku tentang kesiapsiagaan dalam evakuasi bencana tsunami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A., Wildan, M., Mardijanto, S., & Fatkuriyah, L. (2015). Pengaruh Penyuluhan Tentang Jajanan Sehat Terhadap Sikap Anak SD Kelas IV dan V dalam Konsumsi Jajanan di SDN V Ajung Kalisat Kabupaten Jember 2015. Jurnal Kesehatan Dr. Soebandi, 3(2).
Anggrainy, T. O. (2016). Pengaruh Penyuluhan Metode Audio Visual Tentang SADARI Terhadap Minat Melakukan Sadari di SMA Muhammadiyah 1 Bantul.
BMKG. (2019). Katalog Tsunami Indonesia Per-Wilayah Tahun 416-2018. In Pusat Gempabumi dan Tsunami Kedeputian Bidang Geofisika.
BNPB. (2016). Risiko Bencana indonesia.
BNPB. (2017). Membangun Kesadaran,Kewaspadaan, dan Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana. In Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana (Vol. 1, Issue 1).
Briawan, D. (2016). Perubahan Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik Jajanan Anak Sekolah Dasar Peserta Program Edukasi Pangan Jajanan. Jurnal Gizi Dan Pangan, 11(3), 201–210. https://doi.org/10.25182/jgp.2016.11.3.%p
Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral. (2012). Pengenalan Tsunami. In Vulcanological Survey of Indonesia.
Emami, S. B. (2015). Pengaruh Penyuluhan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi Terhadap Pengetahuan Siswa di SD Muhammadiyah Trisigan Murtigading Sanden Bantul. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Yogyakarta.
Fahrizal, Kahiruddin, & Ismail, N. (2016). Pengaruh Pelatihan Program Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Sd Negeri 3 Tangse Dalam Menghadapi Gempa Bumi. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 16(2), 74–79.
Febriyanto, M. A. B. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Dengan Perilaku Konsumsi Jajanan Sehat di Mi Sulaimaniyah Mojoagung Jombang. In Universitas Airlangga.
Harsismanto, J., Oktavidiati, E., & Astuti, D. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Media Video dan Poster terhadap Pengetahuan dan Sikap Anak dalam Pencegahan Penyakit Diare. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(1), 75–85. https://doi.org/10.31539/jka.v1i1.747
Husain, H., & Sabur, F. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Peningkatan Perubahan Fisik Menjelang Masa Pubertas. Jurnal Media Kebidanan.
Jannah, N. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V.
Kartika, K., Yaslina, & Agustin, M. F. (2018). Hubungan Pengetahuan Perawat, Kemampuan Kebijakan Rs. Fase Respon Bencana IGD Rs. Yarsi Bukittinggi. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis, 1(1). https://jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/76
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79-u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ8At0XT
Kholishah, Z. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Video Animasi Terhadap Praktik Gosok Gigi Pada Anak Kelas IV dan V di SDN 1 Bendungan Temanggung. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.
Kurniawati, D. (2015). Implementasi Pendidikan Kesehatan Sebagai Sebuah Upaya Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Perilaku Ibu Dalam Memberikan Asi Eksklusif.
Laili, R. P. (2019). Pengaruh Penyuluhan Melalui Media Animasi Kartun dan Ular Tangga Edukatif Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Konsumsi Sayur dan Buah Pada Siswa SDN 136/III Koto Tengah Kerinci. Jurnal STIKES Perintis Padang, 8(5), 55.
Lake, W. R. R., Hadi, S., & Sutriningsih, A. (2017). Hubungan Komponen Perilaku (Pengetahuan, Sikap, Tindakan) Merokok pada Mahasiswa. Nursing News, 2(3).
Lestari, R. T. R., Laksmi, I. G. A. S., & Sintari, S. N. N. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Bali Medika Jurnal, 6(1), 56–63. https://doi.org/10.36376/bmj.v6i1.66
Lingga, N. L. (2015). Pengaruh Pemberian Media Animasi Terhadap Perubahan Pengetahuan dan Sikap Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 01 Pagi Jakarta Barat. In Universitas Esa Unggul (Vol. 151).
LIPI, & UNESCO. (2006). Panduan Mengukur Tingkat Kesiapsiagaan Masyarakat dan Komunitas Sekolah (Issue December 2017).
Masturoh, I., & T, N. A. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan.
Meidiana, R., Simbolon, D., & Wahyudi, A. (2018). Pengaruh Edukasi melalui Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Overweight. Jurnal Kesehatan, 9.
Meriska, I., Pramudho, K., & Murwanto, B. (2014). Perilaku Sarapan Pagi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan, 5(1), 90–97. http://poltekkes-tjk.ac.id/ejurnal/index.php/JK/article/view/72
Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Alfabeta, CV (Vol. 58, Issue 12).
Muri’ah, D. H. S., & Wardan, K. (2020). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Literasi Nusantara.
Ndama, M., Umar, N., Ismunandar, & Suardana, I. K. (2019). Pelatihan Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar Di SD N 7 Labuan Baru Mamboro Palu Utara. Jurnal Pengabmas Masyarakat Sehat, 1(4), 250–255.
Nugroho, R. A. (2016). Konsep Manajemen Risiko Bencana Tsunami Berbasis Masyarakat (Studi Kasus : RW . 08 Kelurahan Ploso , Kabupaten Pacitan).
PERPRES. (2018). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Dalam Keadaan Tertentu (pp. 1–6). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/77911/perpres-no-17-tahun-2018
Pratiwi, D. A., Yuniar, N., & Erawan, P. E. M. (2016). Pengaruh Penyuluhan Metode Permainan Edukatif dan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Pencegahan Penyakit Diare Pada Murid SD di Kecamatan Poasia Kota Kendari Tahun 2015. 32–40.
Rohma, F. N. (2015). Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Animasi Terhadap Pengetahuan Personal Hygiene Pada Siswa di MI Negeri Baki Sukoharjo. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015, 1–239.
Saparwati, M., Trimawati, & Wijayanti, F. (2020). Peningkatan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Dengan Video Animasi Pada Anak Usia Sekolah. Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 23–28.
Siregar, P. A. (2020). Buku Ajar Promosi Kesehatan.
Spahn, H., Hoppe, M., Usdianto, B., & Vidiarina, H. (2010). Pedoman Perencanaan untuk Evakuasi Tsunami. www,gitews.org/tsunami-kit
Suciana, F., & Permatasari, D. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar. Journal Of Holistic Nursing Science, 6(2), 44–51.
Sugito, N. T. (2008). Tsunami. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 1036–1046. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-4399-4_56
Sulistyaningrum, F. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi “ Siaga Bencana Gunung Berapi ” Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Kelas V di SDN Kepuharjo. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, VI(7), 631–639.
Supriatun, E., Insani, U., & Indrastuti, A. (2017). Pengaruh Photovoice Interactive Terhadap Peningkatan Pengetahuan Penanganan Bencana Longsor Pada Remaja. Journal of Telenursing (JOTING), 53(9).
Suzana, V., & Haris, D. (2018). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Makanan Bergizi , Seimbang Dan Aman Bagi Siswa SD 08 Cilandak Barat Jakarta Selatan Tahun 2017. Quality Jurnal Kesehatan, 1(1), 38–42.
Tiara, T. M., Romadoni, S., & Imardiani. (2019). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Kesiapsiagaan Banjir di Kelurahan Silaberanti Lorong Dahlia Palembang. Indonesian Journal for Health Sciences, 3(2), 64–70.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. (2007). Penanggulangan Bencana.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009. (2009). Kesehatan.
Wahyuni, N. K. A. P. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Letusan Gunung Berapi di SDN Sidemen Karangasem. In Poltekkes Kemenkes Denpasar.
Wijaya, I. S. (2019). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Tentang Kesiapsiagaan Bencana Banjir di Pucangsawit Kota Surakarta. Jurnal Stikes Aisyiyah.
Wiranti, I. W. (2015). Pengaruh Film Animasi Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2023-05-20
How to Cite
BUSTON, E., EFENDI, P., AMELIA, M., & RIZAL, A. (2023). PENGARUH EDUKASI MELALUI VIDEO ANIMASI “ECAMI” TERHADAP PERILAKU ANAK SEKOLAH DASAR TENTANG KESIAPSIAGAAN DALAM EVAKUASI BENCANA TSUNAMI DI KOTA BENGKULU. Journal of Nursing and Public Health, 11(1), 168-177. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i1.4115
Section
Articles