HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOMOTORIK ANAK USIA PRA SEKOLAH DI PAUD XX KOTA BENGKULU
Abstract
Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara interaksi orang tua dengan perkembangan psikomotorik anak usia pra sekolah di PAUD XX kota Bengkulu pada tahun 2021. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Spearman Correlation. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid di PAUD XX Kota Bengkulu yang besarnya 358 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling di peroleh 35 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan data skunder dari register PAUD XX berupa data para murid di PAUD XX. Sedangkan data primer di ambil dengan wawancara dan mengisi lembar kuisioner tentang interaksi orang tua dan anak. Peneliti juga melakukan pengamatan dan interaksi langsung pada kegiatan anak di kelas A1,A2, dan mengisi lembar DDST. Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian di dapatkan : (1) 35 anak terdapat 14,3% dengan interaksi orang tua tidak baik, 34,3% dengan interaksi orang tua kurang baik dan 51,4% dengan interaksi orang tua baik. (2) dari 35 anak 22,9% anak dengan perkembangan psikomotorik abnormal, 28,6% anak dengan perkembangan psikomotorik meragukan dan 48,6% anak dengan perkembangan psikomotorik normal. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara interaksi orang tua dengan perkembangan psikomotorik anak dengan katagori sedang.
Downloads
References
Adrianto, D. (2011). Komunikasi Dengan AUD. Jakarta : Dirjen PAUDNI.
Ahmadi, A. (2010). System Sosial Di Indonesia. Jakarta :Raja Grafindo Persada.
Cooley, C.H. (1998). Sociology An Introducion. New York : Rondo House.
Dario, A. (2009). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung : RafikaAditama.
Dirdjosisworo, S. (2009).Analisa Sistem Sosial. Jakarta : Penerbit Bina Aksara.
Kemendiknas RI. (2011). Profil Pendidikan Nasiona 20l0. Jakarta: kementrian Pendidikan Nasional.
Kemenkes RI. (2011). Profil Kesehatan Indonesia 2010. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Dinkes Kota Bengkulu. (2013). Profil Kesehatan Kota Bengkulu 2012. Bengkulu: Dinas Kesehatan Kota.
Dinkes Kota Bengkulu. (2014). Profil Kesehatan Kota Bengkulu 2013. Bengkulu: Dinas Kesehatan Kota.
Kemendikbud Kota. (2014). Profil Pendidikan Kota Bengkulu. Bengkulu: kementrianpendididkan dan budaya kota.
Hasan, A. B. P. (2010). Psikologi Perkembangan Islami : Menyikapi Rentang Kehidupan Manusia Dari Prakelahiran Hingga Pasca kematian. Jakarta : Rajawali Press.
Hidayat, A.A. (2013). Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: SalembaMedika.
Hidayani, R, dkk. (2009). Psikologi perkembangan anak. Jakarta : Universitas Terbuka.
________, dkk. (2012). Penanganan Anak Berkelainan. Jakarta : Universitas Terbuka.
KPPPA. (2011). Profil Anak Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
______. (2014). Profil Anak Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Ludfiyah. (2013). Hubungan antara tingkat pendididkan dan pengetahuan ibu dengan tingkat status perkembangan sosial anak. KTI, Universitas Sriwijaya. Palembang.
Mansur. (2009), pendidikan anak usia dini dalam islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Mansur. W (2011). Panduan Bagi Orang Tua Dan Pendidik PAUD Dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini.Jakarta : Sura Media Utama.
Musbikin, I. (2008). Mengatasi Anak-Anak bermasalah. Yogyakarta : Mitra Pustaka.
Nasution, A. (2009). Tata Perubahan Dan Ketimpangan – Suatu Pengatar Sejarah Sosiologi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Siswanto, H. (2010). Pendidikan Kesehatan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Rihama.
Sartika, R, A, D. (2011). Faktor Obesitas Pada Anak 5-15 Tahun Di Indonesia. Jurnal Makara Kesehatan.15 (1), 37-43.
Soetjiningsih. (2012). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
__________. (2015). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
Soekanto, S. (2013). Sosiologi SsuatuPengantar.Jakarta : PT Raja Grafindo.
Sulistyoningsih, H. (2011). Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Supartini, Y. (2009). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.
Sujiono, Y.N & Bambang, S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : Indeks
Tantomo (2010). Sosiologi untuk kelas x. Jakarta : Gava Media.
Tandri, N. (2011). Mengenal Tahap Tumbuh Kembang Anak Dan Masalahnya. Jakarta : Libri.
Unicef Indonesia.2014. Kesehatan Ibu dan Anak. Ringkasan Kajian. www.unicef.or.id.
Wawan. (2011). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: NuhaMedika.
Wiyani, N,A. (2014). Psikologi perkembangan anak usia dini. Jakarta : Gava Media.
___________ & Ihram, M. (2013). Psikologi pendidikan : Teori Dan Aplikasinya dalam proses pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz media.
Yuniarti, S. (2015). Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Bandung: PT. RefikaAditama.
Yusuf, L.N.S. (2011). Psikologi Perkembanngan Anak Dan Remaja. Bandung : Rosda.
An author who publishes in the Journal of Nursing and Public Health agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Journal of Nursing and Public Health is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.