GAMBARAN PERILAKU SWAMEDIKASI PADA PENGELOLA PANTI ASUHAN DI KOTA BENGKULU

  • AVRILYA IQORANNY PROGRAM STUDI DIII FARMASI, POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • ZAMHARIRA MUSLIM PROGRAM STUDI DIII FARMASI, POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • DESTY MIRDHA LEZA PROGRAM STUDI DIII FARMASI, POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
Keywords: Pengelola Panti Asuhan, Perilaku, Swamedikasi

Abstract

Pendahuluan: Perilaku swamedikasi merupakan respon seseorang terhadap rangsangan dari luar sehingga individu tersebut melakukan pengobatan sendiri tanpa resep dokter untuk mengobati penyakit yang dialaminya.Swamedikasi adalah upaya manusia untuk mengobati penyakit dan gejala penyakit ringan seperti demam, batuk, flu, nyeri dan lain-lain tanpa resep dokter. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran perilaku swamedikasi pada Pengelola Panti Asuhan diKota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan sampel Total sampling untuk melihat gambaran pengetahuan sikap dan tindakan tentang swamedikasi pada Pengelola Panti Asuhan diKota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkatan perilaku pengelola panti asuhan berada dalam kategori baik sebanyak 13 orang (76,47%) kategori cukup sebanyak 2 orang (11,76%) dan kategori kurang sebanyak 2 orang (11,76%). Dan berdasarkan aspek pengetahuan yaitu kategori baik sebesar (70,59%),sikap yaitu kategori cukup sebesar(47,06%), dan tindakan kategori kurang yaitu (0%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk gambaran perilaku swamedikasi pada pengelola panti asuhan dalam swamedikasi di Kota Bengkulu, menunjukkan dalam kriteria baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abarca, R. M. Gambaran Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Masyarakat Terhadap Swamedikasi Batuk di Lingkungan V Kelurahan Kotasiantar Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandaiking Natal. 2021.
Andhini, N. F. Swamedikasi. Journal of Chemical Information and Modeling. 2017.
Aswad, P. A., Kharisma, Y., Andriane, Y., Respati, T., & Nurhayati, E. Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi oleh Ibu-Ibu di Kelurahan Tamansari Kota Bandung. Jurnal Behavior, S. Perilaku Swamedikasi Pendahuluan. 2020: 9, 787–791.
BPS. Persentase Penduduk yang Mengobati Fadlillah, H. N., Nuraida, L., Purnomo, E. H. Kepedulian Konsumen terhadap Label dan Informasi Bahan Tambahan Pangan (BTP) pada Label Kemasan Pangan di Kota Bogor Consumer Awareness on Label of Food Packaging and Information of Food Additives in Bogor City. 2015.
Hanum, S. F., & Rahmi, S. Pelatihan dan Edukasi Farmasi Cilik Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1(1). 2018; 256–259.
Hidayati, A., Dania, H., & Puspitasari, M. D. Tingkat Pengetahuan Penggunaan Obat Bebas Dan Obat Bebas Terbatas Untuk Swamedikasi Pada Masyarakat Rw 8 Morobangun Jogotirto Berbah Sleman Yogyakarta. 2018.
Ida Ayu Ratih Tricahyani dan Putu Nugrahaeni Widiasavitri. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja Awal Di Panti Asuhan Kota Denpasar. 2016.
Irwan. Etika dan Perilaku Kesehatan. 2017.
Jajuli, M., & Sinuraya, R. K. Artikel Tinjauan: Faktor-faktor yang Mempengaruhi dan Risisko Pengobatan Swamedikasi. 2018.
Kusuma, I. Y., Octaviani, P., Muttaqin, C. D., Lestari, A. D., Rudiyanti, F., & Sa’diah, H. Upaya Peningkatan Pemahaman Masyarakat Terhadap Beyond Use Date Didesa Kecepit, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara. Pelita Abdi Masyarakat; 2020; 1(1), 6–10.
Maag, D. A. N., & Masyarakat, O. Review : Gambaran Perilaku Swamedikasi Nyeri. 2021; 1(2), 53–59.
Madania, M., & Papeo, P. Hubungan Pengetahuan dan Sikap terhadap Tindakan Pemilihan Obat Untuk Swamedikasi. Indonesian Journal of Pharmaceutical Education. 2021.
Nabila, P. Penggolongan Obat, Farmakodinamika Dan Farmakokinetik, Indikasi Dan Kontraindikasi Serta Efek Samping Obat. Journal of Chemical Information and Modeling. 2020.
Sholiha, S., Fadholah, A., & Artanti, L. O. Tingkat Pengetahuan Pasien Dan Rasionalitas Swamedikasi Di Apotek Kecamatan Colomadu. Pharmaceutical Journal of Islamic Pharmacy. 2019.
Undang-Undang Republik Indonesia No 36 Tahun 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. 2009.
Verawaty, & Ayuwandira, N. Gambaran Perilaku Masyarakat Dalam Pengobatan Sendiri (Swamedikasi) Di Kelurahan Kembangan Jakarta Barat. Jurnal Farmasi Widayati, A. Swamedikasi di Kalangan Masyarakat Perkotaan di Kota Yogyakarta Self-Medication among Urban Population in Yogyakarta. Jurnal Farmasi Klinik Indonesia. 2013; 2(4), 145–152.
Yusrizal. Gambaran Penggunaan Obat Dalam Upaya Swamedikasi Pada Pengunjung Apotek Pandan Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2014 The Picture of Medication Use In An Effort Swamedikasi On Visitors Pharmacies Pandan Districts Jati Agung Regency Sout. Jurnal Analisis Kesehatan. 2015.
Published
2023-05-20
How to Cite
IQORANNY, A., MUSLIM, Z., & LEZA, D. (2023). GAMBARAN PERILAKU SWAMEDIKASI PADA PENGELOLA PANTI ASUHAN DI KOTA BENGKULU. Journal of Nursing and Public Health, 11(1), 18-23. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i1.4062
Section
Articles