EFEKTIVITAS PENGOLAHAN LIMBAH CAIR LAUNDRY DENGAN METODE BIOFILTER AEROB

  • AGUS WIDADA PRODI D3 SANAITASI POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
  • ANDRIANA MARWANTO PRODI D3 SANAITASI POLTEKKES KEMENKES BENGKULU
Keywords: Limbah Cair Laundry, Kadar Fosfat, Biofiltrasi.

Abstract

Di Bengkulu limbah laundry belum mempunyai pengolahan limbah tersendiri, melainkan langsung di buang badan air atau kelingkungan hal akan menimbulkan dampak bagi industri itu sendiri dan menimbulkan gangguan terhadap kesehatan dan juga akan menciptakan media untuk tumbuh nya kuman penyakit, laundry merupakan jasa layanan dengan skala kecil, maka harus membutuhkan instalasi pengolahan limbah yang alat-alat sederhana dan mempunyai nilai ekonomis dan ramah lingkungan.Pengolahan yang khusus diperlukan untuk mengolah limbah laundry salah satu jenis pengolahan limbah cair adalah metode biofilter aerob. Tujuan penelitian ini adalah diketahui efektivitas pengolahan limbah cair laundrydengan metode biofilter aerob terhadap penurunan kadar fosfat.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan one grouppost test design. Limbah laundry dikontakkan dengan biofilm selam 3 hari, 6 hari, dan 9 hari untuk melihat perbedaan penurunan kadar fofat pada berbagai lama kontak dan dianalisis dengan uji statistik yaitu uji anova.Hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan kadar fosfat antara hari ke-0, ke-3, ke-6 dan ke-9 hal ini dibuktikan dengan nilai p-value <0,05. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk pengolahan limbah laundry. Untuk penelitian lebih lanjut dapat dikembangkan dengan media lain untuk meningkatkan efektivitas dan dengan bakteri lebih spesifik sebagai pengurai fosfat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti (2007). Pengolahan air limbah industri tahu dengan menggunakan teknologi plasma. Tuhu Agung, R. Hanry Sutan Winata). Teknik lingkungan universitas pembangunan nasional “veteran” Jawa Timur. Jl. Ranggut Madya Gunung Anyar Surabaya. 60294.
Herlambang Ari,(2002). Teknologi pengolahan limbah cair tahu-tempe.http://www.kelair.bppt.go.id
Hidayah, (2007). Potensi Dan Pengaruh Tanaman Pada Pengelolaan Air Limbah Domestik Dengan Sistem Contructed Wetland. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan.
Jenie, dkk, 2006. Pengolahan limbah pangan. Kanisius. Yogyakarta
KLH, Kementrian Lingkungan Hidup, No 32 tahun 2009, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. http://www.menlh.go.id
Khusnuryani A, 2008.Mikrobio Sebagai Agen Penurunan Fosfat Pada Pengelolaan UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.
Nurhassan Pramudyanto,(2007). Pengolahan Limbah Cair Industri Dengan 3 Metode Pengolahan.
Permen LH No 5 tahun 2014. Baku mutu air limbah/kegiatan pengelolaan kedelai. http://widyacipta.com/file.
Romayanto, Wiryanto dan Sajidan.2006. Pengolahan limbah domestik dengan aerasi dan penambahan bakteri Pseudomonas putidi. Jurnal Bioteknolog.
RikaVebrianti, 2018. Efektivitas Penggunaan Biofilter Sistem Aerob dan Anaerob Untuk Menurunkan Kadar Fosfat dan Nitrat Pada Limbah Rumah Potong Sebagai Media Hidup Haemotococcus p. Skripsi. Universitas Riau.
Sugito (2013). Aplikasi Instalasi Pengolahan Air Limbah Biofilter untuk Menurunkan Kandungan Pencemar BOD, COD dan TSS di Rumah Sakit Bunda Surabaya. Jurnal. Universitas Adi Buana. Surabaya.
Said Nusa Idaman , (1999). Teknologi pengolahan air limbah tahu-tempe dengan proses biofilter anaerob dan aerob. Kelompok teknologi pengolahan air bersih dan limbah cair Direktorat teknologi lingkungan, Deputi bidang teknologi informasi, energi, material, dan lingkungan badan pengkajian dan penerapan teknologi. Jakata.
--------------- (2005). Aplikasi Bio-Ball Untuk Media Biofilter Studi Kasus Pengolahan Air Limbah Pencucian Jean. JA Vol : 1 (2005), Jakarta.
-----------------(2010). Pengelolaan air limbah dengan proses biofilter tercelup. BPPT. Jakatra.
---------------- (2005). Uji Performance Biofilter Anaerobik Unggun Tetap Menggunakan Media Biofilter Sarang Tawon Untuk Pengolahan Air Limbah Rumah Potong Ayam. Kelompok Teknologi Pengelolaan Air Bersih dan Limbah Cair, Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Lingkungan, BPPT. Jurusan Kimia, Universitas Negeri Jakarta.
Published
2023-04-28
How to Cite
WIDADA, A., & MARWANTO, A. (2023). EFEKTIVITAS PENGOLAHAN LIMBAH CAIR LAUNDRY DENGAN METODE BIOFILTER AEROB. Journal of Nursing and Public Health, 11(1), 1-5. https://doi.org/10.37676/jnph.v11i1.4002
Section
Articles