EFEKTIVITAS TERAPI BERMAIN “STIK ES CREAM” TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK (TK)
Abstract
Pendahuluan: Pendidikan pada anak usia dini bertujuan untuk memperoleh bertujuan untuk anak memperoleh rangsangan secara intelektual, sosial dan emosional sesuai dengan tingkat usianya. Anak usia 4 sampai 6 tahun merupakan masa penting bagi anak untuk mendpatkan pendidikan. Pembelajaran berhitung yang baik pada anak usia dini diharapkan mampu mencapai hasil maksimal dan mampu mencapai indikator belajar yang ditentukan. Salah satu cara untuk menarik perhatian anak adalah menggunakan media belajar yang menyenangkan dan sesuai karakter anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas terapi bermain stik es cream terhadap kemampuan berhitung pada anak taman kanak-kanak (TK). Metode: penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen menggunakan pre-experimental design (one group pre test and post test design). Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan tehnik total sampling. Teknis analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji McNemar test. Hasil dan Pembahasan: adanya peningkatan rata-rata kemampuan berhitung anak taman kanak-kanak sebelum dilakukan terapi bermain stik es cream (0,37) dan setelah dilakukan terapi bermain stik es cream (0,70) dengan p value = 0,002 yang berarti ada hubungan yang signifikan antara terapi bermain stik es cream dengan kemampuan berhitung pada anak taman kanak-kanak. Kesimpulan: terapi bermain stik es cream efektif meningkatkan kemampuan berhitung pada anak taman kanak-kanak sehingga disarankan kepada guru pengajar untuk menggunakan media embelajaran yang menarik dan kreatif supaya menarik minat peserta didik dalam belajar sehingga hasil yang diharapkan sesuai dengan kompetensi pembelajaran.
Downloads
References
Astuti, P., & Katoningsih, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Dan Ninik Yuliani, R. I. K. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng. Universum, 10 (1), 65–71.https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.224
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Di, T., Kanak, T., Dharma, K., Jragan, W., Cahyono, O. A., Pendidikan, T., Pendidikan, F. I., & Yogyakarta, U. N. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Belajar Ular Improving Students Numeracy By Using Snake and Ladder Game As Learning Media At Dharma Wanita 2 Kindergarten Jragan Tembarak Temanggung. 423–430. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/7618/7253
Irawati, R. M. (2012). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Memancing Angka di Taman Kanak-Kanak Sangrina Bunda Pasar Tiku. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(3).
Joni. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu. Jurnal PAUD Tambusai, 2(1), 1–10.
Medayanti, E., & Saridewi, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak dengan Puppet Fun di Taman Kanak-kanak. Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education, 1(1), 72–76. https://doi.org/10.5281/zenodo.2569974
Mulyasa, 2014. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nasution A.S., Septi, D., Wulan, A., Kunci, K., Behitung, K., Realia, B., & Tindakan, P. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Benda Realia. Jurnal Penelitian Pendidikn MIPA Amanda...,2(1),123-129.
Novianti, R. (2015). Pengembangan permainan roda putar untuk meningkatkan kemampuan berhitung angka anak usia 5-6 tahun. Jurnal Educhild, 4(1), 56–63.
Oktriyani, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Lingkaran Angka di Taman Kanak-Kanak Qatrinnada Kecamatan Koto Tangah Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 82-96.
Pratiwi, E. (2019). Efektivitas Penggunakan Alat Permainan Edukatif dengan Media Stick Angka Terhadap Penggunaan Konsep bilangan Anak Kelompok B RA Darurrohim.
Rakimahwati, R., & Marlina, S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 4(2), 8-17.
Rohmah, N. (2016). Bermain dan pemanfaatannya dalam perkembangan anak usia dini. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2).
Saputri, U. K. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Penambahan Melalui Pembelajaran Siskrana Peserta Didik Kelompok B Tk Pamekar Siwi Guntur Demak Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1).
Setiyowati, R., Indarto, W., & Risma, D. Pengaruh Penerapan Metode Bermain dengan Menggunakan Stik terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Ibu Teladan Kecamatan Tampan Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suharti, S. (2018). Penerapan Media Stik Ice Cream Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ia Di Sdn Sumorame Kecamatan Candi Sidoarjo. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(5), 507-520.
Trisnawati, E. (2018). Penerapan Strategi Bermain Stick Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Di Paud Witri 1 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu)
An author who publishes in the Journal of Nursing and Public Health agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Journal of Nursing and Public Health is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.