EFEKTIVITAS MENTORING UJI KOMPETENSI TERHADAP KELULUSAN TRY OUT UJI KOMPTENSI MAHASISWA DIPLOMA TIGA KEPERAWATAN

  • INDARYANI INDARYANI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAPTA BAKTI BENGKULU
  • SISKA ISKANDAR SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SAPTA BAKTI BENGKULU
Keywords: Mentoring, Try Out Uji Kompetensi

Abstract

Uji kompetensi adalah proses pengukuran pengetahuan, keterampilan dan perilaku peserta didik pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi keperawatan. Kelulusan uji kompetensi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah keaktifan mengikuti mentoring yang diadakan oleh pihak pendidikan. Jenis penelitian ini adalah kuantitaif dengan rancangan penelitian quasi eksperiment. Sebanyak 30 responden terlibat dalam penelitian ini berasal dari mahasiswa tingkat III prgram studi DIII Keperawatan STIKes Sapta Bakti Bengkulu. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Data diperoleh melalui pre test dan post test Try Out Uji kompetensi. Data dianalisis secara statistik baik secara univariat untuk melihat distribusi frekuensi maupun bivariat dengan menggunakan Mc-Nemar test. Hasil analisis univariat menemukan sebanyak 19 org (63%) tidak kompeten, setelah mengikuti mentoring didapatkan 5 orang (16,7%) tidak kompeten. Hasil analisis bivariat menunjukkan p value = 0,001 (<0,005) berarti kegiatan mentoring uji kompetensi efektif meningkatkan kelulusan try out uji kompetensi mahasiswa keperawatan. Kegiatan mentoring soal-soal uji kompetensi dapat meningkatkan persentase kelulusan mahasiswa dalam pelaksanaan uji kompetensi sehingga perlu dijadikan salah satu strategi dalam meningkatkan kelulusan uji kompetensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

JNPH
Published
2020-11-07
How to Cite
INDARYANI, I., & ISKANDAR, S. (2020). EFEKTIVITAS MENTORING UJI KOMPETENSI TERHADAP KELULUSAN TRY OUT UJI KOMPTENSI MAHASISWA DIPLOMA TIGA KEPERAWATAN. Journal of Nursing and Public Health, 8(2), 53-58. https://doi.org/10.37676/jnph.v8i2.1186
Section
Articles