PENGARUH TERAPI BERMAIN (SKILL PLAY) PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP TINGKAT KOOPERATIF SELAMA MENJALANKAN PERAWATAN PADA ANAK PRASEKOLAH  (3-6 TAHUN) DI RUANG EDELWEIST RSUD DR. M YUNUS BENGKULU

  • VELLYZA COLIN
  • BUYUNG KERAMAN
  • DIAN DWIANA MAYDINAR
  • ECA ECA
Keywords: Terapi Bermain, Tingkat Kooperatif, Anak Pra sekolah

Abstract

Hospitalisasi merupakan peristiwa yang sering menimbulkan pengalaman traumatik, khususnya pada pasien anak yaitu kecemasan, ketakutan dan ketegangan atau stress hospitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh terapi bermain (skill play) permainan ular tangga terhadap tingkat kooperatif selama menjalankan perawatan pada anak pra sekolah (3-6 tahun) di Ruang Edelweist RSUD dr. M Yunus Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan rancangan pre eksperimen pre test-post test one group design. Populasi penelitian ini adalah anak pra sekolah (3-6 tahun) diambil dengan cara accidental sampling dperoleh 20 orang sampel. Pengumpulan data menggunakan data sekunder dan primer. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan: (1) Rata-rata tingkat kooperatif sebelum dilakukan terapi bermain ular tangga adalah 44,55; (2) Rata-rata tingkat kooperatif sesudah dilakukan terapi bermain ular Tangga sebesar 70,15 dan (3) Hasil uji Wilcoxon Sign Rank didapat nilai  Z = -3,921  dengan p-value = 0,000<0,5 artiinya ada pengaruh terapi bermain (Skill Play) Permainan Ular Tangga terhadap tingkat Kooperatif selama menjalankan perawatan pada anak Pra sekolah (3-6 tahun) di Ruang Edelweist RSUD dr. M Yunus Bengkulu. Diharapkan pada RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dapat melakukan pelatihan terapi bermain (Skill Play) permainan ular tangga pada perawat sehingga dapat meningkatkan skill individu dalam melakukan terapi bermain (Skill Play) permainan ular tangga pada anak yang dirawat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

JNPH
Published
2020-05-16
How to Cite
COLIN, V., KERAMAN, B., MAYDINAR, D., & ECA, E. (2020). PENGARUH TERAPI BERMAIN (SKILL PLAY) PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP TINGKAT KOOPERATIF SELAMA MENJALANKAN PERAWATAN PADA ANAK PRASEKOLAH  (3-6 TAHUN) DI RUANG EDELWEIST RSUD DR. M YUNUS BENGKULU. Journal of Nursing and Public Health, 8(1), 111-116. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jnph/article/view/1008
Section
Articles