PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DI PAUD AL-ANISA KELOMPOK B BENTIRING KOTA BENGKULU

  • Rika Partikasari
  • Sysva Nurwita
  • Neneng Uliya
Keywords: Peran Guru, Nilai-Nilai Disiplin Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan di Paud Al-Anisa kelompok B bentiring Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptip adalah penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat, mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara. Guru sebagai pendidik yang berperan dalam hal pembelajaran memberikan konsep ilmu bahkan pembentukan sikap dan perilaku. Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan  anak usia dini adalah agar anak menerapkan konsep disiplin yang akan ditanamkan oleh guru. Karakter disiplin yang diharapkan untuk dimiliki oleh anak dapat dicapai melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari.Pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama sebulan yaitu dari bulan Maret sampai  bulan  April 2019. Subjek penelitian adalah guru di PAUD Al-Anisa  Kota Bengkulu berjumlah 4 orang guru. Dengan menggunakan analisis data tersebut maka peneliti mengemukakan hasil penelitian bahwa peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan bernilai sangat baik. Bedasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan melalui 10 indikator yang akan di tanamkan dengan menggunakan. Melalui berbagai metode diharapkan menjadi perantara dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan anak usia dini sehingga pendidikan yang diberikan kepada anak bisa lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-06