PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN PERMAINAN GUNUNG MELETUS

  • Sysva Nurwita Program studi Pendidikan Guru PAUD Universitas Dehasen Bengkulu
  • Hariantini Hariantini
  • Rika Partikasari
Keywords: Perkembangan Kognitif, anak usia dini, permainan gunung meletus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran sebagai upaya meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini melalui pembelajaran permainan gunung meletus pada anak Kelompok B PAUD DEHASEN Kebun Tebeng Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan desain Jonh Eliot setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan,  pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B PAUD DEHASEN. Teknik  pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perkembangan kognitif anak, dimana sebelum tindakan masih dalam kategori kurang baik dengan rata-rata persentase 40%, hasil penelitian siklus I mencapai rata-rata persentase 51,75%, masuk dalam kategoti cukup baik, dan siklus II mencapai rata-rata persentase 89,62%, masuk dalam kategori sangat baik. Penggunaan pembelajaran permainan gunung meletus mempunyai dampak sangat baik ditunjukkan dengan perkembangan kognitif anak yang mengalami perkembangan sangat baik   dibandingkan sebelum tindakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-03-06
How to Cite
Nurwita, S., Hariantini, H., & Partikasari, R. (2020). PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN PERMAINAN GUNUNG MELETUS. Journal Of Dehasen Educational Review, 1(1), 1-4. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jder/article/view/973