MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN PUZZLE ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN KOTA BENGKULU
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak melalui permainan puzzle angka, untuk mengetahui respon anak selama proses pembelajaran menggunakan permainan fuzzle angka. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yaitu pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan yang terjadi dalam sebuah kelas. Tindakan tersebut diberikan oleh guru atau dengan arahan yang diperoleh guru dari penelitian. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kolaboratif dimana penelitian ini dilakukan secara bekerjasama antara peneliti dengan guru dalam satu kelas. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala anak usia 4-5 Tahun yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu data yang diperoleh diubah ke dalam bentuk persentase. Simpulan penelitian bahwah perkembangan sosial emosional anak melalui permainan puzzle angka pada anak uisa 4-5 tahun di PAUD GEMILANG Kota Bengkulu sudah berkembang dengan baik sesuai harapan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.