Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN Kalapasari Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas 1 SDN Kalapasari)

  • Isti Nurmalasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Ade Maftuh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Deni Chandra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Perjuangan Tasikmalaya
Keywords: Begining Reading, STAD Learning Model

Abstract

Reading is one of the four basic language skills, and is a part or component of written communication. In written communication, language sound symbols are changed into written symbols or letters. Beginning reading is an initial skill that must be learned or mastered by readers. Beginning reading is the initial level for people to be able to read. The aim of this research is to improve beginning reading skills in grade 1 students. The research method used is the classroom action research method. The process of Classroom Action Research (PTK) stages are: (1) planning, (2) implementation, ( 3) observation, (4) reflection. Of these four activities, a series of sequential activities will be fulfilled in stages or repeated cycles in learning activities carried out. The results of learning using the STAD type cooperative model are said to be increasing because there is an increase in various actions, namely: 1. Pre-action there is 63% of students' abilities 2. Cycle In cycle I, there was 65% of student ability. 3. In cycle II, there was 73% of student ability. It was concluded that the STAD model given to grade 1 students at SDN Kalapasari had an increase in the quality of initial reading. In cycle 1, completeness data was obtained at 65%, which then increased to 73% in cycle II.

ABSTRAK

Membaca adalah salah satu dari empat kemampuan bahasa pokok, dan merupakan bagian atau komponen dari komunikasi tulis. Dalam komunikasi tulis,lambang-lambang bunyi bahasa diubah menjadi lambang-lambang tulis atau huruf-huruf.Membaca permulaan merupakan suatu keterampilan awal yang harus dipelajari atau dikuasai oleh pembaca. Membaca permulaan adalah tingkat awal agar orang bisa membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research).Proses tahapan Peneletian Tindakan Kelas (PTK) yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Dari keempat kegiatan tersebut akan memenuhi rangkaian kegiatan yang berurutan secara bertahap atau siklus berulang dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan hasil pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD dikataan meningkat karna tedapat peningkatan di berbagai tindakan yaitu :1.Pra tindakan terdapat 63% kemampuan siswa 2.Siklus I terdapat 65% kemampuan siswa 3. Siklus II terdapat 73% kemampuan siswa disimpulkan bahwa model STAD yang diberikan pada siswa kelas 1 siswa SDN Kalapasari terdapat peningkatan kualitas membaca permulaan Pada siklus 1 diperoleh data ketuntasan 65% kemudian meningkat menjadi 73% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-30
How to Cite
Nurmalasari, I., Maftuh, A., & Chandra, D. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN Kalapasari Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas 1 SDN Kalapasari). Journal Of Dehasen Educational Review, 5(1), 9-16. https://doi.org/10.33258/joder.v5i1.6161