PEMANFAATAN MEDIA BERBASI VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP NEGERI 14 BENGKULU TENGAH
Abstract
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 14 Bengkulu Tengah yang beralokasi di Jln. Sunda Kelapa, Desa. Sunda Kelapa, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas IX A yang menggunakan media berbasis video dalam melakukan pembelajaran dengan siswa yang diajarkan berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Pada saat melakukan pembelajaran kepada siswa guru melaluli (3) tahap yaitu tahap awal, inti dan penutup. Dalam pelaksanaan pembelajaran di ruangan terlihat siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan guru memanfaatkan media berbasis video dengan cara membuat tampilan yang menarik pada saat pembelajaran berlangsung. Sehingga terciptanya pembelajaran yang menarik dan baik.
Downloads
References
Rusman. 2011. Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. Dalam Jurnal Taman Cendikia. 1 (1) Th. 2017.
Rusman 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geograf. Dalam Jurnal Pendidikan Geografi Unila (2) Th. 2015.
Scramm. 2013. Belajar Dan Pembelajran Berbasis Komputer. Bandung: Alpabeta
Selviani, Diah dkk. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Lingkaran Berbasis Computer Assited Instructional Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Alkarim Kota Bengkulu. Jurnal MathEducation Nusantara Vol 1 (2), PascaUmNau. Medan: UMN AW. ISSN 214512X
Sinar Grafika Redaksi. 2009. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Dalam Jurnal Auladuna. 2 (2) Th. 2015.
Copyright (c) 2020 Jumiati Siska, Diah Selviani, Alim Herianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.