EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 4 KOTA BENGKULU

  • Benny Agung Pratama Bennyagungpratama
  • Diah Selviani
  • Yenni Fitria
Keywords: Media pembelajaran wordwall, hasil belajar, pemrograman dasar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas aplikasi wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas X PPLG pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan kuantitatif eksprimen. Desain yang digunakan Design One Grup Pretes-Posttest. Populasi dan sample penelitian ini 27 orang siswa kelas X PPLG 1 SMK Negeri 4 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket berisi 25 butir soal pilihan ganda, instrument tersebut telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil pretest dan posttest rata-rata 65,18 dan 84,07 dengan selisih peningkatan hasil belajar sebesar 18,89% , hal ini menujukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dengan pengujian paired sampel test menunjukan bahwa nilai asym sig. (2-lailed) sebesar 0,000 < 0,05 dimana lebih besar dari  11,157 > 2,056 sehingga  ditolak dan  diterima, artinya adanya efektivitas penerapan aplikasi wordwall terhadap hasil belajar siswa. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi wordwall (X) dapat meningkatkan efektivitas belajar pada mata pelajaran pemrograman kelas X PPLG 1 SMK Negeri 4 Kota Bengkulu.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-06