Analisis Penerapan Metode Montessori dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru menerapkan metode Montessori dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran Practical Life dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemandirian anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Hasil analisis data yang didapat bahwa PAUD SHIGOR Montessori Islamic School Kota Bengkulu penerapan metode Montessori nya sudah terlaksana dengan baik. Terlihat dari kemandirian anak dalam hal menjaga dirinya dan lingkungannya.
Dapat disimpulkan bahwa cara guru menerapkan metode Montessori dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran Practical Life yaitu dengan cara menerapkan empat pondasi dasar dalam Practical Life yang terdiri dari ground rules (kegiatan sehari-hari), care of self (menjaga dirinya), care of envirotment (menjaga lingkungannya) dan sopan santun. Serta faktor yang mempengaruhi kemandirian anak usia dini yaitu kerja sama antara orang tua dan juga lembaga sekolah.
Downloads
Copyright (c) 2025 Riska Nirpa Wansi, Rika Partikasari, Ranny Fitria Imran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.