Analisis Penerapan Metode Montessori dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pembelajaran Practical Life

  • Riska Nirpa Wansi Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rika Partikasari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Ranny Fitria Imran Universitas Dehasen Bengkulu
Keywords: Kemandirian anak usia dini, Pembelajaran Practical Life.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru menerapkan metode Montessori dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran Practical Life dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemandirian anak usia dini.  Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.

Hasil analisis data yang didapat bahwa PAUD SHIGOR Montessori Islamic School Kota Bengkulu penerapan metode Montessori nya sudah terlaksana dengan baik. Terlihat dari kemandirian anak dalam hal menjaga dirinya dan lingkungannya.

Dapat disimpulkan bahwa cara guru menerapkan metode Montessori dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran Practical Life yaitu dengan cara menerapkan empat pondasi dasar dalam Practical Life yang terdiri dari ground rules (kegiatan sehari-hari), care of self (menjaga dirinya), care of envirotment (menjaga lingkungannya) dan sopan santun. Serta faktor yang mempengaruhi kemandirian anak usia dini yaitu kerja sama antara orang tua dan juga lembaga sekolah.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-17