Strategi Guru dalam Menstimulasi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini di RA Al-Azhar Kota Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk Mengetahui Strategi Guru dalam Menstimulasi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, 2) Untuk Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Guru dalam Menstimulasi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini. Adapun metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana pada pengolahan datanya melalui wawancara observasi dan dokumentas dan tidak menggunakan perhitungan angka, subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas yang berjumlah 2 orang di RA Al-Azhar Kota Bengkulu Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam menstimulasi kecerdasan jamak anak ada tiga yaitu: Bermain bebas (free play), Area Kegiatan dan Sentra waktu lingkaran.
Hasil yang didapat adalah pada masing-masing strategi yang disebutkan diatas, dapat menstimulasi kecerdasan jamak pada anak usia dini. Disimpulkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru RA Al-Azhar dapat menstimulasi kecerdasan jamak pada anak usia dini, kecerdasan yag paling menonjol di RA Al-Azhar adalah Eksistensial, Visual, Kinestetik dan Logis Matematis. Adapun faktor yang mempengaruhi guru dalam menstimulasi kecerdasan kurangnya pemahaman guru terhadap macam-macam strategi dan teori kecerdasan jamak pada anak usia dini
Downloads
Copyright (c) 2025 Wonni Dwi Mayangtika, Ranny Fitria Imran, Rika Partikasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy Right Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.