EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SISTEM BOARDING SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP HIDAYATULLAH BENGKULU

  • Hafis Ibnu Hajar Universitas Dehasen
  • Jumiati Siska Universitas Dehasen
  • Diah Selviani Universitas Dehasen
Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Sistem Boarding School, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan sistem boarding school terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi di SMP Hidayatullah Bengkulu. Penelitian ini digunakan jenis penelitian kuantitatif.

Penentuan sample pada penelitian ini digunakan teknik sample Simple Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa TKJ. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan butir penyataan angket dengan berjumlah 20 dan soal tes dengan berjumlah 25 soal.

Data yang tekumpul dihitung menggunakan rumus T-Test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada variabel X dan variabel Y yang sangat berpengaruh. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerapan media pembelajaran Game Simulasi yang berpengaruh dengan media pembelajaran langsung (non simulasi).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-23