EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNINGPADA MATA PELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 2 BENGKULU TENGAH

  • Marselina Moniter Universitas Dehasen
  • Edy Susanto Universitas Dehasen
  • Yenni Fitria
Keywords: Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di X TKJ SMK Negeri 3 Seluma, (2) mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi di kelas X TKJ SMK Negeri 3 Seluma.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Seluma. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pada penelitian ini kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan media video dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol yang diajar tidak menggunakan media video. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t.

(1) Hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media video terhadap hasil belajar membuat hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen menjadi 80,67. (2) Hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada data post-test tersebut maka di peroleh nilai Thitung= 3,836 dan nilai Ttabel = 2,00 dengan nilai signifikan 0,000. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dilihat bahwa Thitung > Ttabel sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengunaan media video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-26