PENGARUH BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI RUMAH SAKIT UMUM UMMI BENGKULU TAHUN 2024
Abstract
ASI Eksklusif merupakan pemberian ASI saja tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, dan nasi tim dalam jangka waktu 6 bulan. Data Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu tahun 2023 dari 1.088 yang melakukan persalinan didapatkan bahwa keberhasilan IMD 58,6%. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh buku saku terhadap pengetahuan ibu hamil tentang pemberian ASI eksklusif di Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu Tahun 2024. Desain penelitian Quasi Ekperimen dengan rancangan “two grup pretest-postest”. Populasi penelitian ibu hamil yang memeriksakan diri di Poli Kebidanan Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu pada bulan 1 Maret- 30 April 2024 berjumlah 380 orang. Sampel penelitian ibu hamil trimester III yang melakukan pemeriksaan diri di Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu berjumlah 30 orang dibagi menjadi dua kelompok yaitu 15 orang yang diberi pendidikan kesehatan secara konvensional dan 15 ibu hamil yang diberi buku saku. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Uji statistik menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian dari 15 orang ibu hamil sebelum diberikan intervensi buku saku pengetahuan kurang sebanyak 12 orang (80%) dan setelah diberikan intervensi pengetahuan baik sebanyak 11 orang (73,3%). Dari 15 orang ibu hamil sebelum diberikan intervensi pendidikan kesehatan konvensional pengetahuan kurang sebanyak 12 orang (80%) dan setelah diberikan intervensi pengetahuan cukup sebanyak 8 orang (53,3%). Hasil analisis dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai p-value = 0,000 < nilai α = 0,05, artinya ada pengaruh buku saku untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang pemberian ASI eksklusif di Rumah Sakit Umum Ummi Bengkulu Tahun 2024. Diharapkan buku saku ASI eksklusif dapat digunakan sebagai media tambahan/alternatif peningkatan pengetahuan ibu hamil dan cakupan ASI eksklusif.
Downloads
References
Berutu, H. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Asi Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Sitinjo Kabupaten Dairi Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 53–67. https://doi.org/10.52943/jikeperawatan.v7i1.512
Ernawati, Y., Afriyana, Y., Noviani, Z., Indra, A., & Puspitasar, Y. (2022). Strategi Peningkatan ASI Eksklusif dengan Media Buku Saku di Puskesmas Baloweri Kediri. Jurnal Kreativitas Dan Inovasi, 2(1), 18–24.
Fatmasari, B. D., Alimuddin, A. U., & Sundari. (2020). Pengaruh edukasi berbasis buku saku dan lembar balik terhadap keberhasilan inisiasi menyusu dini di kota Makassar. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 1(1), 107–113.
Fatmasari, B. D., Ernawati, & Eka, F. (2022). Pengaruh Edukasi Berbasis Buku Saku dan Lembar Balik Terhadap Keberhasilan ASI Esklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Banyumulek Kecamatan Kediri Lombok Barat. Wellness and Healthy Magazine, 4(1), 124–137. https://doi.org/10.30604/well.218412022
Khairunnisyah, R., Nur, N. C., & Helmizar. (2024). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Mengenai Manajemen Laktasi untuk Pencegahan Stunting Menggunakan Buku Saku. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(2), 414–421. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i2.4623
Rizqiea, N. S. (2019). The Exclusive Breastfeeding Booklet for Knowledge and Skills Mother. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 8(1), 22–31. https://doi.org/10.33475/jikmh.v8i1.193
Taamu, Nurjannah, & Wijayanti, F. (2020). Penggunaan Buku Saku Sebagai Media Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Mencuci Tangan Anak. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 15(2), 80–87. https://doi.org/10.36086/jpp.v15i2.556
Taswin. (2023). PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN IMUNISASI DASAR DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA. Jurnal Kebidanan Malakbi, 4(1), 51–58.
Wijaya, W., & Ismarwati. (2021). Sociodemographic Factors Influencing Exclusive Breastfeeding in Indonesia. Pakistan Journal of Medical & Health Sciences, 15(4), 906–910.