PENGARUH TERAPI WUDHU, AROMATERAPI SCHHUABEFFIN LAVENDER DAN TERAPI BENSON TERHADAP KUALITAS TIDUR IBU HAMIL TRIMESTER III DI TPMB H SUNGAILIAT BANGKA TAHUN 2023

  • ROHMAWATI ROHMAWATI DEPARTEMEN KEBIDANAN FAKULTAS VOKASI, UNIVERSITAS INDONESIA MAJU, JAKARTA
  • RETNO SUGESTI DEPARTEMEN KEBIDANAN FAKULTAS VOKASI, UNIVERSITAS INDONESIA MAJU, JAKARTA
  • MILKA ANGGRAENI DEPARTEMEN KEBIDANAN FAKULTAS VOKASI, UNIVERSITAS INDONESIA MAJU, JAKARTA
Keywords: Kualitas Tidur, Terapi Wudhu, Aromaterapi Schhuabeffin Lavender, Terapi Benson

Abstract

Pendahuluan: Selama kehamilan akan mengalami beberapa perubahan baik itu perubahan fisiologis maupun perubahan psikologis. Perubahan tersebut merupakan hal yang wajar bagi ibu hamil. Ketika memasuki trimester III atau umur kehamilan semakin bertambah, semakin banyak keluhan yang dirasakan oleh ibu baik keluhan yang bersifat psikis maupun fisik dan memiliki dampak pada kualitas tidur ibu hamil. Beberapa faktor seperti semakin membesarnya ukuran perut ibu, gerakan janin di dalam kandungan yang semakin aktif, yang membuat ibu hamil kesulitan untuk tidur di malam hari, maka dari itu untuk mengurangi keluhan ketidaknyaman ibu diberikan terapi wudhu, aromaterapi schhuabeffin lavender dan terapi benson terhadap kualitas tidur ibu hamil trimester III.Metode: Penelitian ini dilaksanakan dengan metode quasy experiment (One Group Pre Test and Post Test). Kelompok kontrol tidak diberikan intervensi sedangkan kelompok perlakuan diberikan intervensi yaitu dengan menggunakan birth ball. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 20 responden kelompok perlakuan dan 20 responden kelompok control.Hasil dan Pembahasan: Hasil Analisa didapatkan terdapat 20 orang (50.0%) ibu hamil yang diberikan terapi wudhu, aromaterapi schhuabeffin lavender dan terapi benson dan terdapat 20 orang (50.0%) ibu hamil yang tidak diberikan terapi wudhu, aromaterapi lavender dan terapi benson. kualitas tidur pada kedua kelompok adalah pada kelompok perlakuan semua responden kualitas tidur yang baik , yaitu kualitas tidur yang baik sebanyak 90%. Hal ini menunjukkan bahwa lebih dari dua pertiga responden berada pada kondisi normal. Diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,001 lebih kecil dari taraf signifikasi 5% (Pvalue = 0,001 < 0,05) maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh terapi wudhu, aromaterapi schhuabeffin lavender dan terapi benson terhadap kualitas tidur pada ibu hamil trimester III. Kesimpulan: Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan nilai yang signifikan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari terapi wudhu, aromaterapi schhuabeffin lavender dan terapi benson terhadap kualitas tidur pada ibu hamil trimester III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Walyani ES. Asuhan Kebidanan Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press; 2015.
Deswani., Desmarnita, U., Mulyanti Y. Asuhan Keperawatan Prenatal Dengan Pendekatan Neurosains. 2018;
Irfan Anshory,Martina Ekacahyaningtyas NR. THE EFFECT OF WUDHU THERAPY ON SLEEP QUALITY FOR THIRD_TRIMESTER PREGNANT WOMAN. 2023;3–5.
Meihartati T, Iswara I. Pengaruh Aromaterapi Lavender Terhadapkualitas Tidur Ibu Hamil. J Med Karya Ilm Kesehat. 2021;6(2).
Ratna. Penatalaksanaan Gangguan Tidur Pada Ibu Hamil Trimester III Di Polindes Paopale Daya 1 Kabupaten Sampang. Jounal Seajom. 2021;3(2):1–10.
Yessie A. Prenatal Gentle Yoga. Semarang: Pustaka Utama; 2020.
Rahmasita SA, Mahardika A, Jumsa MR. Pengaruh Tingkat Kecemasan Terhadap Kualitas Tidur Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Tanjung Karang Mataram. Smart Soc Empower J. 2021;1(3):81.
Ambarwati R. Benson Relaxation and Hypnosis in Quality of Elderly Sleep. Heal Notions [Internet]. 2018;2(1):84–7. Available from: http://heanoti.com/index.php/hnhttp://heanoti.com/index.php/hn/article/view/hn20115
Prananingrum, Ratih and NH. “GAMBARAN POLA TIDUR PADA IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA DI PUSKESMAS PAJANG, SURAKARTA. J Kel. 2018;1(1):366.
Lela and L. ‘Ketenangan’ : Makna Dawamul Wudhu (Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Uin Raden Fatah Palembang). J Psikol Islam. 2016;1(2):55–66.
Afif dan Kudus. “Ma’anil Hadits Dalam Perspektif Imam Musbikin Uswatun Khasanah. urnal Stud Hadis 3. 2018;
Rosalinna. Aromaterapi lavender terhadap pengurangan mual muntah pada ibu hamil. jambura Heal Sport J. 2019;1(2).
Widyaningrum herlina dan AT solusi. Kitab Tanaman Obat Nusantara. Yogyakarta: Media Pressindo; 2019.
Prawirohardjo. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Trans Info Media; 2016. 89 p.
Dewi VNL dan TS. Asuhan Kehamilan. Jakarta: Salemba Medika; 2016.
Prof. Dr. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA,cv; 2019. 144 p.
منار علی محمد مصف. الاکتساب اللغوی(1) وعلاقته بتقدیر الذات(2) لدى أطفال الروضة المصابین بطیف التّوحّد(3) وأقرانهم العادیین. المجلة المصریة لعلم النفس الإکلینیکی والإرشادی. 2022;10(1):1–52.
Published
2024-04-22
How to Cite
ROHMAWATI, R., SUGESTI, R., & ANGGRAENI, M. (2024). PENGARUH TERAPI WUDHU, AROMATERAPI SCHHUABEFFIN LAVENDER DAN TERAPI BENSON TERHADAP KUALITAS TIDUR IBU HAMIL TRIMESTER III DI TPMB H SUNGAILIAT BANGKA TAHUN 2023. Journal Of Midwifery, 12(1), 104-110. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/JM/article/view/6207
Section
Articles