ASUHAN KEBIDANAN PENANGANAN NYERI IBU BERSALIN DENGAN NAFAS DALAM DAN PIJAT OKSITOSIN

  • VIDAYAWATI VIDAYAWATI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN, PROGRAM PROFESI, FAKULTAS VOKASI, UNIVERSITAS INDONESIA MAJU
  • AGENG SEPTA RINI PROGRAM STUDI KEBIDANAN, PROGRAM SARJANA TERAPAN, FAKULTAS VOKASI, UNIVERSITAS INDONESIA MAJU
  • RIZKIANA PUTRI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN, PROGRAM PROFESI, FAKULTAS VOKASI, UNIVERSITAS INDONESIA MAJU
Keywords: Nafas Dalam, Oksitosin, Nyeri Persalinan

Abstract

Persalinan merupakan proses pergerakan keluarnya janin, plasenta, dan membran dari dalam rahim melalui jalan lahir. Dilaporkan dari 2.700 ibu bersalin 15 % persalinan yang berlangsung dengan nyeri ringan, 35% dengan nyeri sedang, 30% dengan nyeri hebat dan 20% nyeri sangat hebat. Nyeri persalinan mulai timbul pada kala I fase laten pembukaan serviks sampai 3 cm dan fase aktif pembukaan serviks dari 4 cm sampai 10 cm. Tujuan dalam asuhan ini adalah untuk melihat penurunan nyeri persalinan Kala I dengan relaksasi nafas dalam dan pijat oksitosin. Metode dalam studi kasus ini menggunakan manajemen SOAP dan lembar observasi, dengan instrumen NRS. Asuhan diberikan kepada 2 ibu bersalin pada saat Kala I Fase Aktif. Responden 1 melakukan relaksasi nafas dalam dan responden 2 diberikan pijat oksitosin. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat skor penurunan nyeri persalinan pada Kala I Fase Aktif sebelum dan sesudah diberikan intervensi, dengan Skor metode relaksasi nafas dalam dari Nyeri Berat skor 7 menjadi Nyeri Sedang dengan skor 4, sedangkan yang diberikan pijat oksitosin dari Nyeri berat skor 7 menjadi nyeri ringan dengan skor 2. Dapat disimpulkan bahwa relaksasi nafas dalam dan pijat oksitosin sama-sama bisa menurunkan nyeri persalinan, dan yang lebih efektif adalah pemberian pijat oksitosin. Saran agar Bidan dapat memberikan asuhan kebidanan secara komplementer untuk mengurangi nyeri persalinan terutama dengan Pijat Oksitosin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sulfianti S. Asuhan Kebidanan Pada Persalinan. In Yayasan Kita Menuli; 2020.
WHO. Angka Kematian Ibu di Dunia. 2019;
Dyah dkk. NYERI PERSALINAN. Mojokerto: STIKes Majapahit; 2018.
Hindriati T. Pengaruh Masase Dan Relaksasi Pernafasan Terhadap Lamanya Persalinan Kala I Fase Aktif Di Rumah Bersalin Kota Jambi Tahun 2015. J Bahana Kesehat Masy. 2017;1(2):121–31.
Karyati S, Siswanti H. Pijat Oksitosin Dan Pijat Endorphin Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Ibu Nifas. J Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. 2023;14(1):307–14.
Rini Kundaryanti, Evi Rizkiyani JAS. Perbandingan Nyeri Persalinan Pada Ibu Yang Mendapatkan Pijat Oksitosin Dengan Pijat Endorphin. 2023;6(1):1–23.
Tri Handayani, Mahyunidar, Windi Novita Sari. Pengaruh Rebusan Daun Pepaya Terhadap Kecukupan Asi Pada Ibu Nifas. J Cakrawala Kesehat. 2022;13:73–81.
Himawati, Laily Kodiyah N. Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Nyeri Persalinan Pada Ibu Bersalin Di Rumah Sakit Permata Bunda Purwodadi Grobogan. J Midwifery. 2020;8(1):17–22.
Published
2023-10-19
How to Cite
VIDAYAWATI, V., RINI, A., & PUTRI, R. (2023). ASUHAN KEBIDANAN PENANGANAN NYERI IBU BERSALIN DENGAN NAFAS DALAM DAN PIJAT OKSITOSIN. Journal Of Midwifery, 11(2), 378-383. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/JM/article/view/5400
Section
Articles