KARAKTERISTIK DAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA KEBIDANAN SEBELUM MENGHADAPI OSCE DI UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA

  • ALYXIA GITA STELLATA PRODI KEBIDANAN, FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA
Keywords: OSCE, Kecemasan, Mahasiswa Kebidanan

Abstract

Pendahuluan: OSCE memberikan pengalaman belajar yang inovatif bagi mahasiswa. Namun, OSCE dapat membuat mahasiswa merasa ketakutan, lemah dan merasa cemas. Kecemasan ini dapat membuat mahasiswa tidak fokus dan gelisah sehingga dapat berpengaruh terhadap status kelulusannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik dan tingkat kecemasan mahasiswa sebelum pelaksanaan Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional deskriptif dengan metode cross-sectional. Sebanyak 29 responden terlibat dalam penelitian ini. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) via google form. Data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif untuk melihat gambaran frekuensi setiap variabel. Hasil dan Pembahasan: Sebagian besar responden berusia 21 tahun (58.6%), sebagian besar responden berpendidikan terakhir SMK (58.6%), sebagian responden belum pernah mengikuti pelatihan OSCE (37.9%), dan sebagian besar responden harus remedial (58.6%) karena tidak memenuhi nilai batas lulus (NBL). Sebagian besar responden yang tidak mengalami kecemasan sebanyak 9 orang (31%), kecemasan ringan sebanyak 6 orang (20.7%), tingkat kecemasan sedang sebanyak 5 orang (17.2%), kecemasan berat sebanyak 8 orang (27.6%), dan tingkat kecemasan berat sekali sebanyak 1 orang (3.4%). Kesimpulan: Hampir sebagian besar responden tidak memiliki kecemasan sebelum menghadapi OSCE. Maka, sebagai upaya preventif terhadap risiko kecemasan yang berlebihan, gambaran kecemasan ini diharapkan dapat membuat mahasiswa kebidanan semakin kompeten dalam memberikan asuhan kebidanan yang komprehensif dan profesional melalui OSCE karena OSCE dijadikan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Kompetensi (UKOM) dengan metode kelulusan exit exam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pane JP, Lase YA, Barus M. Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Ners Tingkat III Dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination. J Penelit Perawat Prof. 2022;4(1):153–8.
Menteri Kesehatatan Republik Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/320/2020 tentang Standar Profesi Bidan [Internet]. HK.01.07/Menkes/320/2020 Indonesia; 2020 p. 90. Available from: https://pesquisa.bvsalud.org/
Magdalena N, Siagian IO. Pengetahuan Dan Self Efficacy Mahasiswa D3 Kebidanan dengan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE). J Keperawatan Jiwa Persat Perawat Nas Indones. 2023;11(2):465–76.
Ulfa M, Febriyani U, Sani N, Nurmalasari Y. Hubungan Kualitas Tidur dengan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2019. J Ilmu Kedokt dan Kesehat. 2023;10(10):3019–26.
Sari DP, Nugroho H, Iskandar A. Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Sebelum Menghadapi OSCE. J Sains dan Kesehat. 2021;3(4):482–8.
Meidy AR, Febriyani U, Sudiadyani NP, Anggraini M. Hubungan Motivasi Belajar dengan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2019. urnal Ilmu Kedokt dan Kesehat. 2023;10(10):3093–100.
Rachmawati V, Mustikasari. Tingkat Kecemasan dan Stres pada Mahasiswa yang Mengikuti Objective Structure Clinical Examination ( OSCE ). JPPNI. 2019;3(3):1–8.
Savitri PAC, Swandi NLID. Intervensi Kecemasan Pada Mahasiswa : Literature Review. Bul Ilm Psikol. 2023;4(1):2720–8958.
Mustofa FL, Oktobiannobel J, Sulesa. Gambaran Kecemasan dalam Menghadapi Ujian OSCE UKMPPD pada Mahasiswa First Taker Pendidikan Profesi Dokter Universitas Malahayati Batch November 2019. J Med Malahayati. 2020;4(2):137–45.
Putri Amir D, Iryani D, Isrona L. Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. J Kesehat Andalas. 2016;5(1):139–44.
Melliasany N, Perceka AL. Tingkat Kecemasan dan Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Menghadapi Uji Kompetensi Exit Exam. J Imiah Pendidik dan Pembelajaran. 2021;5(2):255.
Sandiana MR, Ligita T, Fahdi FK. Hubungan Efikasi Diri dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan dalam Menghadapi OSCE. J Keperawatan Jiwa Persat Perawat Nas Indones. 2023;11(4):767–76.
Suyanto S, Isrovianingrum R. Kecemasan Mahasiswa Perawat Sebelum Mengikuti Ujian Ketrampilan Di Laboratorium. J Heal Sci. 2018;11(2):97–103.
Sari KIP, Muthoharoh S, Widiyawati R. Kecemasan Akademik Mahasiswa Kebidanan; Literature Review. J Pengemb Ilmu dan Prakt Kesehat. 2023;2(3):166–75.
Choiruna HP, Erlyani N, Agustina R. Penayangan Film Kartun Komedi terhadap Tingkat Kecemasan Sebelum OSCE pada Mahasiswa PSIK FK UNLAM. DK. 2013;01(01):1–7.
Published
2023-10-19
How to Cite
STELLATA, A. (2023). KARAKTERISTIK DAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA KEBIDANAN SEBELUM MENGHADAPI OSCE DI UNIVERSITAS BHAKTI KENCANA. Journal Of Midwifery, 11(2), 346-353. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/JM/article/view/5395
Section
Articles