PENGARUH EDUKASI KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG DETEKSI DINI RESIKO KEHAMILAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RENGASDENGKLOK

  • RESA ROSILAWATI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ABDI NUSANTARA
  • RAHAYU KHAIRIAH SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN ABDI NUSANTARA
Keywords: Edukasi, Kelas Ibu Hamil, Pengetahuan

Abstract

Pendahuluan: Kelas ibu hamil merupakan sarana belajar bersama untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan ibu dan keluarga sebagaimana yang tercantum di dalam buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA). Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi kelas ibu hamil terhadap pengetahuan ibu tentang deteksi dini resiko kehamilan. Metode penelitian dengan menggunakan metode eksperimen. Pengambilan sampel dengan tekhnik non random yaitu purposive sampling berjumlah 64 responden. Hasil penelitian didapatkan rata-rata pengetahuan ibu hamil sebelum diberikan edukasi adalah 58,52 diantara 55,66 sampai dengan 61,37, hasil uji normalitas mendapatkan nilai 0,0001. Pengetahuan ibu hamil setelah diberikan edukasi adalah 81,88 diantara 80,14 sampai dengan 83,61, uji normalitas didapatkan nilai 0,0001. Peningkatan pengetahuan terjadi pada semua responden setelah diberikan edukasi dengan rata-rata 32,50. Hasil uji mendapatkan nilai p=0.0001, artinya ada pengaruh pemberian edukasi terhadap pengetahuan ibu hamil. Diharapkan tenaga kesehatan dapat meningkatkan peranan dalam memberikan edukasi dalam pelaksanaan kelas ibu hamil dengan baik lagi agar terjadinya risiko komplikasi dapat diminimalisir dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasibuan, A. (2018) ‘Efektivitas Kelas Ibu Hamil Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Faktor Risiko Dalam Kehamilan Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Semula Jadi Kota Tanjungbalai’, Fakultas Farmasi dan Kesehatan Institut Kesehatan Helvetia Medan [Preprint]. Available at: http://repository.helvetia.ac.id/324/.
Ida, A.S. (2021) ‘Pengaruh Edukasi Kelas Ibu Hamil Terhadap Kemampuan Dalam Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan’, Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), pp. 345–350. Available at: https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/561.
Ilmiyani, S.N. et al. (2023) ‘Deteksi Dini Resiko Kehamilan Melalui Kelas Ibu Hamil Di Dusun Dasan Petung, Desa Kotaraja Kabupaten Lombok Timur’, 5(1), pp. 43–47.
Kemenkes RI (2011) ‘Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil’, Kementrian Kesehatan RI, pp. 1–26.
KemenPPPA RI (2022) Saatnya Laki-laki Terlibat untuk Cegah dan Turunkan AKI. Available at: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/4243/saatnya-laki-laki-terlibat-untuk-cegah-dan-turunkan-angka-kematian-ibu-aki#.
Lestari, D., Dewi, P.D.P.K. and Tangkas, N.M.K.S. (2022) ‘Efektivitas Pelaksaan Kelas Ibu Hamil terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu tentang Kesehatan Ibu dan Anak di Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Buleleng I’, Jurnal Pengabdian Kesehatan, 5(2), pp. 156–169.
Lina Siti Nuryawati, S.B. (2016) ‘Hubungan Kelas Ibu Hamil Dengan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan’, Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), pp. 2015–2019. Available at: https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.9811.
Notoatmodjo, S. (2014) Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanti, I.A. and Larasaty, N.D. (2016) ‘Pengetahuan Tentang Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan Sebagai Evaluasi Hasil Pendidikan Kesehatan’, Jurnal Kebidanan, 5(2), pp. 121–128.
Siregar, R.D. (2020) Hubungan Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil Terhadap Tanda Bahaya Kehamilan Di Wilayah Kerja Puskesmas Gunung Tua Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun 2020.
Titik Wijayanti, A.S. (2018) ‘Jurnal Kebidanan EFFECTIVENESS OF PREGNANT WOMEN CLASS ON IMPROVEMENT’, Jurnal Kebidanan, X(01), pp. 61–68.
Published
2023-10-19
How to Cite
ROSILAWATI, R., & KHAIRIAH, R. (2023). PENGARUH EDUKASI KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG DETEKSI DINI RESIKO KEHAMILAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RENGASDENGKLOK. Journal Of Midwifery, 11(2), 201-206. https://doi.org/10.37676/jm.v11i2.5102
Section
Articles