HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU TENTANG PIJAT BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAWAH LEBAR KOTA BENGKULU

  • SYAMI YULIANTI PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
  • LEZI YOVITA SARI PROGRAM STUDI KEBIDANAN PROGRAM SARJANA FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Pijat Bayi

Abstract

Pendahuluan: Pijat bayi merupakan teknik relaksasi yang diberikan pada anak bayi dan balita yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan pada pijat bayi yang dilakukan oleh ibu akan memberikan stimulasi pada panca indra dan perkembangan otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu tentang pijat bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu. Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik correlation dengan rancangan cross sectional. Populasi peneletian ini adalah semua ibu yang memilki bayi usia 0-12 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu. Sampel penelitian sejumlah 33 orang diambil secara proportional random sampling. Variabel independent adalah pengetahuan ibu tentang pijat bayi dan variable dependent adalah sikap ibu dalam melakukan pijat bayi secara mandiri. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan Editing, Coding, Scooring, Tabulating dan uji statistik Chi square Hasil dan Pembahasan: Berdasarkan analisis dan pembahasan maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) pengetahuan ibu tentang pijat bayi pada ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu sebagian besar cukup, (2) sikap ibu tentang pijat bayi pada ibu di Wilayah Kerja Puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu sebagian besar baik, (3) terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap ibu pijat bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Sawah Lebar Kota Bengkulu. Kesimpulan: ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang pijat bayi terhadap sikap ibu dalam melakukan pijat bayi secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarsari, M. H., Anggarini, S. and Nugraheni, A. (2017) „The Effect of Infant Massage Counseling on Infant Massage Practice by Mothers in Tugu Village, Jumantono Sub- District, Karanganya‟, 1(2), pp. 73–78.
Andriyani, R., Sari, R. B. and Komunitas, J. K. (2015) „Hubungan Sikap Ibu Tentang Pijat Bayi dengan Perilaku Ibu dalam Memijat Bayi di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Pekanbaru‟, 2(6), pp. 270–273.
Azwar, S. 2009. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baroo‟ah, Butsainatul. 2015. Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Tentang Pijat Bayi Terhadap Perilaku Ibu Dalam Memijat Bayi Secara Mandiri Di Kelurahan Girimargo Sragen.
Irmawati. 2015. Bayi Dan Balita Sehat & Cerdas. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mauliddina, A. (2011) „Pengaruh Penyuluhan Pijat Bayi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Dalam Perilaku Ibu Melaksanakan Pijat Bayi Di Wilayah Puskesmas Mlati I Sleman‟, Pengaruh Penyuluhan Pijat Bayi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Dalam Perilaku Ibu Melaksanakan Pijat Bayi Di Wilayah Puskesmas Mlati I Sleman, p.
Roesli, Utami. 2016. Pedoman Pijat Bayi. Jakarta: Trubus Agriwidya.
Sembiring, Julina Br. 2017. Asuhan Neonatus, Bayi, Balita, Anak Pra Sekolah. Ed. 1.Cet 1. Yogyakarta: Deepublish.
Subakti, Y & Anggarani, DR. 2008. Keajaiban Pijat Bayi & Balita. Jakarta :WahyuMedia. Wawan, A dan Dewi, M. 2011. Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika
Published
2023-05-20
How to Cite
YULIANTI, S., & SARI, L. (2023). HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU TENTANG PIJAT BAYI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SAWAH LEBAR KOTA BENGKULU. Journal Of Midwifery, 11(1), 162-167. https://doi.org/10.37676/jm.v11i1.4540
Section
Articles