PEMBERIAN EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PADA Ny. “S” G4P3A0 DENGAN FAKTOR RESIKO UMUR DAN PARITAS DI PMB RISMINIANA KOTA BENGKULU

  • LUTFIA CAESAR HANUN PRODI D3 KEBIDANAN FMIPA UNIVERSITAS BENGKULU
  • KURNIA DEWIANI PRODI D3 KEBIDANAN FMIPA UNIVERSITAS BENGKULU
  • SURIYATI SURIYATI PRODI D3 KEBIDANAN FMIPA UNIVERSITAS BENGKULU
Keywords: Edukasi, Pendampingan, Faktor Risiko

Abstract

Pendahuluan: Angka Kematian Ibu (AKI) adalah rasio kematian ibu selama masa kehamilan, persalinan dan nifas yang disebabkan oleh kehamilan, persalinan, dan nifas atau pengelolaannya disetiap 100.000 kelahiran hidup (KH). Faktor risiko ialah keadaan yang secara tidak langsung menambah risiko kesakitan dan kematian pada ibu hamil. Studi kasus ini bertujuan untuk melakukan asuhan kebidanan secara komprehensif pada Ny.”S” G4P3A0 dengan pemberian edukasi pendampingan faktor resiko usia dan paritasi di Praktik Mandiri Bidan Risminiana Kota Bengkulu. Metode : Penulisan studi kasus ini menggunakan metode deskriptif yaitu meliputi teknik observasi, wawancara, pemeriksaan fisk, studi dokumentasi dan kepustakaan. Hasil dan Pembahasan : Asuhan kebidanan secara komprehensif pada Ny.”S” dilakukan sesuai dengan rencana kebidanan. Asuhan pendampingan faktor resiko yang diberikan pada masa kehamilan yaitu edukasi dan persiapan P4K, mengajarkan perawatan payudara, senam hamil, effleurage massage, penkes nutrisi pada ibu hamil. Asuhan kebidanan persalinan dilakukan di PMB Risminiana. Selama kala I dilakukan effleurage massage dan memutar murotal Al-Quran. Persalinan berlangsung normal dan keadaan bayi sehat, pemberian ASI hingga 2 minggu pada masa nifas berjalan dengan baik, mengajarkan perawatan payudara nifas, pijat oksitosin, perawatan luka perineum menggunakan daun sirih. Ny.”S” mendapatkan penyuluhan tentang persiapan penggunaan alat kontrasepsi dan memilih jenis kontrasepsi implant setelah masa nifas berakhir. Kesimpulan:  Asuhan kebidanan komprehensif adalah asuhan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan Ny. “S” yang didukung teori dan evidence based dalam kebidanan. Asuhan selama 9 minggu berjalan lancar dan normal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggeriani R, Lamdayani R. Efektivitas pemberian air daun sirih terhadap kecepatan penyembuhan luka perineum pada ibu post partum. Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 2018; 9 (2). https://jurnal.stikes.aisyiyah palembang.com. Hlm. 85─6
Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2019. Profil kesehatan Provinsi Bengkulu 2019. Bengkulu: Dinas kesehatan Provinsi Bengkulu.
Ersila, Wahyu, Prafitri LD, dan Zuhana N. Perbedaan efektivitas massage efflurage dan kompres dingin terhadap nyeri persalinan di Puskesmas Kabupaten Pekalongan. Jurnal Siklus (2019);6(3). https://pdfs.semanticscholar Hlm. 107─15.
Kemenkes RI. 2019. Profil kesehatan Indonesia 2018. Jakarta : Kemenkes RI
Komariah S, Nugroho. Hubungan pengetahuan, usia dan paritas dengan kejadian komplikasi kehamilan pada ibu hamil trimester III di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Aisyiyah Samarinda. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2019;5(2).  https://jurnal.uwgm.ac.id Hlm. 89─92.
Lichayati I, Kartika RI. Hubungan senam hamil dengan nyeri punggung pada ibu hamil di Polindes Desa Talang Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan. Jurnal Surya, 2016;1(16). http://jurnal.ibijabar.org. Hlm. 63─70.
Nieto MC, Barrabes EM, Martinez SG, Prat MG, Zattop BS. Impact of aging on obstetric outcomes: defining advanced maternal age in Barcelona. BMC Prenancy and Childbirth, 2019;19(342). https:/PUBMED.google.com. Hlm. 3─6.
Nur AF, Rahman A, Kurniawan H. Faktor risiko kejadian perdarahan postpartum di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Jurnal Kesehatan Tadulako, 2019;5(1). https:/scholar.google.com. Hlm. 27─30.
Nur R, Arifuddin A, Novillia R. Analisis faktor risiko kejadian berat badan lahir rendah di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Jurnal Preventif, 2016;7(1:). https:/jurnal.untad.com. Hlm. 32─41.
Pilaria E, Sopiatun R. Pengaruh pijat oksitosin terhadap produksi ASI pada ibu postpartum di wilayah Kerja Puskesmas Pejeruk Kota Mataram tahun 2017, Jurnal Kedokteran Yarsi, 2018;26(1). https:/ejournal.poltekkes.pontianak.com. Hlm. 31─2.
Purnama Y, Kurnia D. Pengaruh posisi  tegak terhadap intensitas nyeri persalinan pada primipara di Bidan Praktik Mandiri (BPM)  Kota Bengkulu. Jurnal of Midwifery, 2020;7(1). https:/jurnal.unived.ac.id. Hlm. 55─7.
Setiawati I. Efektivitas teknik massage effleurage dan teknik relaksasi terhadap nyeri punggung pada ibu hamil trimester III. Jurnal Poltekes Karya Husada, 2019;1(1). https:/jurnal.poltekeskhjojgja.com. Hlm. 3─6.
Survei Demografi dan Kesehatan. 2018.  Survei demografi dan kesehatan Indonesia 2017. Jakarta : Kemenkes RI
Socolov, DG, et all. Pregnancy during adolescence and associated risks : an 8-year hospital-based cohort study (2007-2014) in Romania, the country with highest rate of teenage pregnancy in Europe. Romania. BioMed Research International, 2017;8(12). https:/PUBMED.google.com. Hlm. 2─7
Soleha SN, Sucipto E, Izah N. Pengaruh perawatan payudara terhadap produksi asi ibu nifas. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 2019;6(2). https://journal.ibrahimy.ac.id. Hlm 98─106
Turlina L, Nurhayati HS. Pengaruh terapi murotal al qur’an terhadap penurunan intensitas nyeri persalinan kala I fase aktif. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 2017;1(1). https://ejournal.aipkema.ac.id. Hlm 4─8
Walyani ES, Purwoastuti, E. 2018. Asuhan persalinan dan bayi baru lahir Jakarta: Pustaka Baru
WHO. 2015. Trends in maternal mortality: 2000 to 2017. Geneva : WHO Library Cataloguing-in Publication Data
Published
2021-12-10
How to Cite
HANUN, L., DEWIANI, K., & SURIYATI, S. (2021). PEMBERIAN EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PADA Ny. “S” G4P3A0 DENGAN FAKTOR RESIKO UMUR DAN PARITAS DI PMB RISMINIANA KOTA BENGKULU. Journal Of Midwifery, 9(2), 1-7. https://doi.org/10.37676/jm.v9i2.1821
Section
Articles