KETIDAKNYAMANAN PADA IBU HAMIL, BERSALIN, DAN NIFAS

  • Rezi Dwi Putri Universitas Bengkulu
  • Novianti Novianti Universitas Bengkulu
  • Deni Maryani Universitas Bengkulu
Keywords: Ibu Hamil, Bersalin, Nifas

Abstract

Pendahuluan: Ibu hamil Trimester III, bersalin, dan nifas akan mengalami gangguan ketidaknyamanan, ketidaknyamanan ibu hamil trimester III diantaranya nyeri punggung dan gangguan berkemih. Saat bersalin ketidaknyamanan yang dirasakan nyeri persalinan. Pada masa nifas yaitu rasa nyeri luka jahitan perineum. Metode:Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik yang meliputi observasi, wawancara, pemeriksaan fisik, studi dokumentasi dan kepustakaan. Hasil dan pembahasan: Asuhan kebidanan secara komprehensi pada Ny “A” saat hamil dilakukan massase efflurage untuk mengurangi ketidaknyamanan nyeri punggung bawah. Skala nyeri VAS sebelum dilakukan massage effleurage adalah 6 dan setelah dilakukan massage effleurage skala 2,sedangkan saat nifas ibu merasakan ketidaknyamanan nyeri luka jahitan perineum, sebelum dilakukan kompres dingin VAS skala 4 setelah pemberian asuhan nyeri berkurang skala 2. Evaluasi akhir berjalan dengan baik tanpa ada hambatan. Proses pendampingan edukasi ketidaknyamanan dari masa kehamilan berjalan baik, persalinan berjalan secara spontan, bayi lahir sehat, masa nifas berjalan normal dan pemberian ASI 2 minggu masa nifas berjalan normal. Klien mendapatkan penyuluhan tentang persiapan penggunaan alat kontrasepsi, klien akan memilih KB suntik 3 bulan setelah masa nifas berakhir. Kesimpulan: Asuhan kebidanan komprehensif tidak ada kesenjangan antara teori dengan praktik di lapangan. Asuhan selama 16 minggu berjalan lancar dan normal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cunningham FG, Gant NF, Leveno KJ, Gilstrap LC, Hauth JC, Wenstrom KD. Obstetri Williams. Edisi ke 23. Jakarta: EGC; 2013.
Fitriana Y, Nurwiandani W. Asuhan persalinan konsep persalinan secara komprehensif dalam asuhan kebidanan. Yogyakarta: Pustaka baru pres; 2018.
Heryani R. Buku ajar asuhan kebidanan bayi, balita,dan anak pra sekolah.Jakarta: Cv. Trans info media; 2019.
Jaury DF, Kumaat L, Tambajong HF. Gambaran nilai (visual analoge scale) pasca bedah seksio sesar pada penderita yang diberikan tramadol. e-clinic. 2015;2(1):1-7.
Jeppi N. Pengantar asuhan kebidana. Jakarta: Cv. Trans info media; 2019.
Rahmawati ES. Pengaruh kompres dingin terhadap pengurangan nyeri luka perineum pada ibu nifas di BPS Siti Alfirdaus Kingking Kabupaten Tuban. Jurnal sain med. 2013;5(2):43-46
Saifuddin AB. Ilmu kebidanan sarwono prawirohardjo. Jakarta: PT. Bina pustaka sarwono prawieohardjo; 2016
Sukma  F,  Hidayati  E,  Jamil  SN.  Asuhan  kebidanan  pada  masa  nifas.Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah; 2017.
Walyani SE, Purwoastuti E. Asuhan kebidanan masa nifas dan menyusui.Yogyakarta: Pustaka baru press; 2017
Wulandari DA, Andryani Y. Efektivitas effleurage massage untuk mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil trimester III di RB CI Semarang. Jurnal ilmu dan teknologi kesehatan. 2019;10(1):24-28
Published
2021-05-23
How to Cite
Putri, R., Novianti, N., & Maryani, D. (2021). KETIDAKNYAMANAN PADA IBU HAMIL, BERSALIN, DAN NIFAS. Journal Of Midwifery, 9(1), 38-43. https://doi.org/10.37676/jm.v9i1.1346
Section
Articles