Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri melalui Permainan Balok Anak Usia Dini

  • Eka Yuni Puspita Dewi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Keywords: Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri, Permainan Balok, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kegiatan permainan balok pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Sungai Pagar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok A TK Dharma Wanita Sungai Pagar yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 orang anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah kemampuan mengenal bentuk geometri. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri setelah pembelajaran melalui kegiatan permainan balok. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak adalah guru mempersiapkan media permainan berupa balok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Z., (2013). Peningkatan Pemahaman Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Kelompok B TK KKLKMB Kuwon Bambanglipuro Bantul. E Journal Universitas Yogyakarta, II 10, hlm. 14-16.

Eliyawati,C., (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Fuadiyah, N., (2013). Upaya Meningkatkan Pengenalan Geometri dengan Permainan Puzzle Bervariasi pada Kelompok B TK Al-Hikmah Randudongkal-Pemalang Tahun Ajaran 2012/2013. IKIP PGRI Semarang, Semarang: Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Gunarti, W., dkk. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hariani dan Al Hawani, (2003). Mendidik Anak Sejak Dini. Yogyakarta : Kreasi Wacana.

Hutabarat, J., (2013). Penerapan Teori Belajar Van Hiele dalam Geometri. (online). Tersedia dalam: http//juandip17blogspot.co.id/2013/03/v-behaviorurledefaultvmlo.html, [diakses 20 Februari 2018].

Izzaty. R.E., (2005). Mengenal Permasalahan perkembangan Anak Usia Dini TK. Jakarta: Depdiknas.

Margono, S., (2010). Metedologi Penelitian pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Morisson, S. G., (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks

Musfiroh, T., (2008). Cerdas Melalui Bermain. Jakarta: Pt Grasindo.

Mutiah, D., (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Nursinta, dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Konstruktif Pada Anak Kelompok A TK Negeri Pembina Surakarta. Skripsi. Solo:Universitas Sebelas Maret.

Permendiknas, (2009). Undang-Undang RI No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rasyid, H., (2009). Assesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta. PT : Multi Persindo.

Rustiyanti, D.W., (2014). Peningkatan Kemampuan mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Dakon Geometri pada Anak Kelompok A TK Arum Puspita Triharjo Pundak Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta: Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Roebyanto, G., (2014). Geometri Pengukuran dan Statistik. Malang: Gunung Samudera.

Seefelt, C dan Wasik, B. A., (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suharsimi, dkk., (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sujiono, Y.N., (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Elexamedia Computrindo.

Sujiono, Y.N, (2014). Metode pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka

Susanto, A., (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Prenada Media Grup.

Sriningsih, N., (2008). Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Published
2019-08-03
How to Cite
Dewi, E. (2019). Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri melalui Permainan Balok Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 34-48. Retrieved from https://jurnal.unived.ac.id/index.php/joecher/article/view/816